Roald Amundsen, Orang Pertama yang Mencapai Kutub Selatan

Roald Amundsen, Orang Pertama yang Mencapai Kutub Selatan

Naviri Magazine - Norwegia dan Inggris berkompetisi mengenai siapa yang pertama kali mengibarkan bendera di Kutub Selatan. Norwegia diwakili Roald Amundsen, sedang Inggris diwakili perwira Angkatan Laut Robert Scott.

Amundsen, yang memimpin tim terdiri dari 18 orang, membutuhkan 99 hari untuk sampai di Kutub Selatan. Ia akhirnya sampai di kutub beku itu pada 14 Desember 1911. Sementara Robert Scott dan krunya berhasil mencapai Kutub Selatan empat minggu kemudian, pada 17 Januari 1913, namun mereka tewas karena kedinginan, kurang makan, dan penyakit.

Dilahirkan pada 16 Juli 1872, Roald Engelbregt Gravning Amundsen dikenal dunia sebagai penjelajah berkebangsaan Norwegia yang menjadi orang pertama yang mencapai Kutub Selatan dan Kutub Utara. Ia juga orang pertama yang melewati Perlintasan Barat Laut.

Bersama dengan Douglas Mawson, Robert Falcon Scott, dan Ernest Shackleton, ia menjadi pemimpin ekspedisi kunci selama Zaman Heroik Penjelajahan Antartika.

Pengalamannya sebagai penjelajah itu kemudian ia tuangkan dalam beberapa buku yang ditulisnya, di antaranya “My Life as an Explorer” (1972), dan “First Crossing of the Polar Sea” (1927).

Amundsen dilahirkan dalam sebuah keluarga pemilik kapal dan kapten-kapten kapal. Terinspirasi oleh penyeberangan Greenland yang dilakukan Fridtjof Nansen pada 1888, dia memutuskan untuk menjalani hidup dengan menjelajahi dunia. Ia hilang pada bulan Juni 1928, ketika berpartisipasi dalam sebuah misi penyelamatan di Laut Barents.


Related

History 7614576598989357203

Recent

item