Misteri Suara di Langit Pantura yang Menghebohkan Indonesia

 Misteri Suara di Langit Pantura yang Menghebohkan Indonesia

Naviri Magazine - Di media sosial, muncul cukup banyak rekaman suara yang dibuat orang-orang di kawasan Pantura. Rekaman itu memperdengarkan suara aneh yang muncul dari langit, namun tidak ada apa pun di sana, semisal pesawat. Hanya suara, dan suara itu didengar banyak orang, di berbagai wilayah Pantura.

Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Iis Widya Harmoko, pihaknya belum mengetahui dari mana asal suara misterius itu.

"Menurut info dari BMKG Ahmad Yani, belum bisa teridentifikasi. Kalau dari suaranya, seperti baling-baling atau propeller," kata Iis. "Yang jelas bukan fenomena cuaca yang menyebabkan suara tersebut."

Semula, Kepala Stasiun Geofisika kelas III Banjarnegara, Setyoajie Prayodhie, dan warganet mengira suara tersebut berasal dari pesawat yang melintas. Pada saat yang sama, menilik data dari situs FlightRadar24, pesawat Antonov An-12BP terdeteksi melintas di Pantura.

Dari data situs FlightRadar24, maskapai yang memakai pesawat Antonov An-12BP itu adalah Ukraine Air Alliance. Maskapai asal Ukraina itu mengoperasikan Antonov An-12BP dengan nomor penerbangan UKL 4082. Pesawat jenis tersebut memang memiliki empat baling-baling.

Namun, perkiraan itu dibantah oleh TNI AU. Akun Twitter TNI AU menjawab pertanyaan seorang warganet. “Pesawat AN-12 milik Ukraina tsb selama memasuki wilayah udara NKRI selalu termonitor berada di ketinggian 22.000 ft,” demikian tulis akun @_TNIAU, Sabtu (15/12).

“Ukurannya relatif tidak jauh berbeda dg pswt C-130 Hercules. Secara teori fisika tdk akan mengeluarkan bunyi seperti yg sedang viral,” terang akun @_TNIAU.

Jika menilik laporan dari Live Science, ada sebuah fenomena alam yang hingga kini belum bisa diidentifikasi dengan jelas. Fenomena tersebut adalah suara-suara yang berasal dari langit.

Suara paling misterius di udara dikenal dengan hum. Hum pertama kali dilaporkan pada awal 1990-an, di sebuah kota bernama Taos di New Mexico, Amerika Serikat. Laporan tentang suara hum pernah terdengar di Bristol (Inggris), Auckland (Selandia Baru), Brondi (Australia), hingga di Windsor, Ontario, Kanada.

Selain di lokasi tersebut, hum juga pernah terekam oleh warga di berbagai belahan dunia. Misalnya suara hum yang terjadi di Filipina. Rekaman suara itu diunggah oleh akun channel YouTube Golden Beard Media, pada 13 November 2018.

Selain di Filipina, suara hum juga pernah terekam dan diunggah oleh akun channel YouTube CreekStudents. Dalam video berdurasi 1 menit 3 detik itu, orang-orang tampak memperhatikan langit mencari sumber suara.

Selain itu, suara hum juga pernah terekam di Jerman pada 4 April 2015. Meski suara hum dalam videdo itu tak begitu jelas, namun sang perekam tampak kebingungan dari mana suara itu berasal.

Baca juga: Misteri Pembakaran Uang Senilai Rp18,5 Miliar di Inggris

Related

World's Fact 9190637607150198479

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item