Tempat-tempat dengan Cuaca Paling Panas di Muka Bumi

Tempat-tempat dengan Cuaca Paling Panas di Muka Bumi

Naviri Magazine - Saat musim kemarau, kita yang tinggal di Indonesia mungkin sering mengeluh karena cuaca yang panas. Kenyataannya memang benar, bahwa Indonesia terasa makin panas, khususnya saat musim kemarau. Sebegitu panas, hingga banyak orang mengeluh, dan terpaksa menyalakan AC atau kipas angin demi mendapat kesejukan.

Namun, sepanas-panasnya Indonesia, sepertinya belum ada apa-apanya dibanding beberapa tempat lain yang terkenal sangat panas. Sebegitu panas, tempat-tempat berikut ini bahkan dinobatkan sebagai tempat-tempat dengan cuaca paling panas di muka bumi.

Death Valley, Amerika Serikat

Lembah Kematian atau Death Valley di AS memegang rekor sebagai tempat terpanas di dunia, yang dilalui manusia. Suhu gurun di lembah ini pernah tercatat mencapai 56,7 derajat Celcius pada musim panas 1913, benar-benar menguji batas kemampuan manusia untuk bertahan hidup.

Rata-rata suhu di lembah ini saat musim panas mencapai 47 derajat Celcius, dan ini adalah tempat terkering di Amerika Serikat. Uniknya, lembah ini menjadi salah satu objek wisata di AS.

Aziziyah, Libya

Aziziyah adalah bekas ibu kota distrik Jafara. Lokasinya berjarak 25 mil di selatan Tripoli, ibu kota Libya. Pada tahun 1922, suhu di tempat ini tercatat mencapai 58 derajat Celcius.

Namun, pada 2012, pernyataan ini dibantah oleh ahli meteorologi yang menyatakan klaim tersebut tidak valid karena sejumlah faktor, termasuk fakta bahwa orang yang mencatat suhu tersebut tidak berpengalaman.

Meski demikian, kota ini tetap salah satu kota terpanas di dunia. Secara teratur, suhu di kota mencapai lebih dari 48 derajat Celcius di setiap pertengahan musim panas.

Dallol, Ethiopia

Pada 1960 hingga 1966, kota di Ethiopia ini tercatat memiliki rata-rata suhu maksimum harian 41 derajat Celcius.

Wadi Halfa, Sudan

Sepanjang tahun, hampir tidak pernah turun hujan di kota yang terletak di tepi Danau Nubia di Sudan ini. Di Wadi Halfa, Juni merupakan bulan terpanas, dengan suhu rata-rata mencapai 41 derajat Celcius. Sementara suhu terpanas yang pernah tercatat di tempat ini adalah 53 derajat Celcius, pada April 1967.

Bandar-e Mahshahr, Iran

Bandar-e Mahshahr adalah salah satu kota gurun di Iran. Suhu terpanas yang tercatat di kota ini mencapai 51 derajat Celcius.

Kebili, Tunisia

Kota gurun ini terkenal dengan kualitas kurmanya. Rata-rata suhu di kota ini mencapai lebih dari 40 derajat Celcius selama musim panas. Suhu tertinggi dalam catatan di kota ini adalah 55 derajat Celcius.

Tirat Zvi, Israel

Pernah dilaporkan bahwa suhu di kota ini mencapai 54 derajat Celcius pada 1942. Namun, ukuran suhu tersebut dipertanyakan oleh Christopher C. Burt, yang mengklaim bahwa pembacaan termograf dilakukan secara tidak benar, dan seharusnya adalah 53 derajat Celcius.

Dalam beberapa tahun belakangan, suhu rata-rata di kota itu adalah 37 derajat Celcius.

Baca juga: Keindahan Barbados, Surga Tersembunyi di Kepulauan Karibia

Related

World's Fact 4994665379688007664

Recent

item