Tips Penting untuk yang Suka Mewarnai Rambutnya

Tips Penting untuk yang Suka Mewarnai Rambutnya

Naviri Magazine - Sebagian orang kadang ingin mewarnai rambutnya, dengan berbagai alasan. Karena tidak puas dengan warna rambut yang sekarang atau bisa pula karena ingin mengikuti tren. Sebenarnya hal itu sah-sah saja, asal hati-hati dalam melakukannya. Jika melakukannya sendiri di rumah, pastikan kita benar-benar memahami instruksi yang ada pada kemasan cat rambut yang kita gunakan.

Di dalam beberapa produk cat rambut ada bahan kimia yang disebut PPD (paraphenylenediamine). Zat kimia ini bisa menyebabkan reaksi alergi yang serius pada sebagian orang.

Dilansir dari Women's Health Mag, sebuah riset kasus kesehatan yang dipublikasikan di Journal of Research in Medical Sciences pada 2012, menemukan kasus berbahaya bagi tubuh akibat alergi serupa. Riset itu menemukan bahwa reaksi alergi parah pada PPD bisa menyebabkan komplikasi berbahaya, seperti gagal ginjal dan kegagalan sistem pernapasan.

Sementara di riset lain di Journal of Asthma and Allergy, reaksi yang tidak begitu berbahaya adalah muncul merah-merah pada kulit, gatal-gatal, dan kulit melepuh di area yang terdampak.

Menurut badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat, Food and Drug Administration (FDA), pewarna rambut mengandung PPD sebenarnya aman untuk digunakan, namun tetap saja kita harus menggunakan patch test atau uji coba sebelum memakainya ke seluruh bagian kepala.

Hal yang sama diungkapkan oleh badan kesehatan Inggris, National Health Service (NHS), yang menyebut PPD pada pewarna rambut aman digunakan selama mengikuti instruksi yang diberikan.

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Kulit Jika Seminggu Tidak Cuci Wajah

Related

Tips 8367158296600166085
item