Wujud dan Ciri-ciri Nabi Adam, Manusia Pertama di Bumi

Wujud dan Ciri-ciri Nabi Adam, Manusia Pertama di Bumi

Naviri Magazine - Nabi Adam dipercaya sebagai manusia pertama yang ada di muka bumi, dan kepercayaan itu pula yang dipegang oleh beberapa agama, termasuk Islam. Melalui Nabi Adam, manusia kemudian berkembang biak hingga memenuhi bumi seperti yang kita kenal sekarang. Kira-kira, seperti apa wujud Nabi Adam?

Menurut hadits Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Adam memiliki postur badan dengan ketinggian 60 hasta (kurang lebih 27,432 meter). Hadits mengenai hal ini bisa pula ditemukan dalam riwayat Imam Muslim dan Imam Ahmad, namun dalam sanad yang berbeda.

Sosok Adam digambarkan sangat beradab, memiliki ilmu yang tinggi, dan ia bukan makhluk purba. Ia berasal dari surga yang berperadaban maju. Turun ke muka bumi bisa sebagai manusia dari sebuah peradaban yang jauh lebih maju, dan jauh lebih cerdas dari peradaban manusia sampai kapan pun, oleh karena itulah Allah menunjuknya sebagai khalifah (pemimpin) di muka bumi.

Ia digambarkan sebagai makhluk yang amat cerdas, memiliki kelebihan dibandingkan makhluk yang lain sebelumnya, dan diciptakan dalam bentuk yang terbaik.

Sesuai dengan Surah Al Israa' 70, yang berbunyi: “...dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkat mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik, dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan (Al Israa' 17:70).

Dalam surah At-Tiin ayat 4 yang berbunyi: “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (At Tiin 95:4)

Menurut riwayat di dalam Al-Qur'an, ketika Nabi Adam AS baru diciptakan oleh Allah, seluruh malaikat bersujud kepadanya atas perintah Allah, lantaran kemuliaan dan kecerdasannya, menjadikan ia makhluk yang punya derajat amat tinggi di tengah makhluk yang pernah ada.

Baca juga: Kisah Dramatis Masuknya Umar Bin Khattab ke Dalam Islam

Related

Moslem World 3140487084550297956

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item