Zaman Logam, Saat Manusia Pertama Kali Menemukan Emas

Zaman Logam, Saat Manusia Pertama Kali Menemukan Emas

Naviri Magazine - Zaman Logam adalah peralihan setelah Zaman Batu, yang menjadi penanda pertama kalinya manusia prasejarah menemukan dan menggunakan logam. Diperkirakan, logam yang pertama kali digunakan adalah sebongkah emas murni dan tembaga, yang ditempa serta dibentuk ornamen di Iran dan Turki, sekitar 6000 Sebelum Masehi.

Biji logam (logam yang bercampur mineral lainnya) diperkirakan ditemukan ketika batu-batu tertentu meleleh ketika dipanaskan dalam sebuah tungku besar.

Di masa itu, hasil karya berbentuk logam dari tembaga sudah cukup maju di Mesopotamia, Timur Tengah, sampai kemudian mereka menemukan cara mencampur tembaga dan timah untuk membuat perunggu.

Lalu zaman Tembaga pun lahir, sekitar 3500 Sebelum Masehi, yang kemudian diikuti Zaman Perunggu, yang terjadi antara tahun 3500 sampai 3000 Sebelum Masehi di Timur Dekat, Balkan, dan Asia Tenggara.

Di masa-masa itu, para pandai besi mengetahui bahwa dengan menambahkan sedikit timah, mereka bisa memperoleh perunggu yang lebih keras dibanding tembaga, serta lebih mudah dibentuk menjadi bilah yang tajam.

Baca juga: Memahami Perbedaan Zaman Prasejarah dan Zaman Sejarah

Related

Science 7931207269438910147

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item