Ini 10 Film Dokumenter yang Paling Menghebohkan Dunia

Ini 10 Film Dokumenter yang Paling Menghebohkan Dunia

Naviri Magazine - Berbeda dengan film umumnya, yang dibuat berdasarkan kisah fiksi atau imajinasi, film dokumenter adalah film yang merekam hal-hal secara nyata. Artinya, kisah dalam film tidak ditulis dalam skenario terlebih dulu sehingga muncul jalinan cerita, melainkan menunjukkan secara langsung apa yang terjadi.

Ada banyak film dokumenter yang dibuat, dengan berbagai kisah. Tentang orang-orang yang mengalami nasib buruk, tentang perusahaan-perusahaan tertentu, dan lain-lain. Di antara banyak film dokumenter yang dikenal, sepuluh berikut ini dianggap sebagai film-film dokumenter yang paling menghebohkan dunia.

High on Crack Street, 1995

Menyusuri kisah para pecandu obat terlarang, dan melihat bagaimana kehidupan mereka selama merehabilitasi diri. Selain itu menggambarkan bagaimana dulu mereka melakukan praktik pelacuran yang berujung kehamilan.

Memahami bagaimana semua praktik yang mereka lakukan justru menghancurkan kehidupan mereka. Dan sayangnya, selama film dokumenter ini dibuat, ada pecandu obat yang menjadi objek liputan yang akhirnya meninggal dunia.

Aokigahara/Suicide Forest, 2012

Dipandu oleh seorang geologist, film dokumenter ini meliput secara langsung perjalanan ke hutan aokigahara di Jepang, hutan tempat orang-orang melakukan harakiri (bunuh diri ala Jepang). Meliput dan masuk menyusuri hutan Aokigahara untuk mencari orang yang hendak maupun yang sudah bunuh diri karena depresi.

The Iceman Tapes, 1992

Dokumenter yang meliput seorang pembunuh bayaran bernama Richard “The Iceman” Kuklinski. Seorang psikiater bernama Michael Baden mewawancarai “The Iceman”, dan membuktikan “The Iceman” seorang sakit jiwa berdarah dingin, penderita paranoid psycho-sociopath.

Nuit et Brouillard, 1955

Potret tentang holocaust yang terjadi di kamp Auschwitz dan Majdanek. Menggambarkan kisah yang tak bisa dimaafkan dalam hal perikemanusiaan. Menceritakan sejarah awal berdiri sampai masa penghancuran wilayah ini, dan nasib para penghuninya.

Atomic Wounds, 2006

Keganasan dan tidak berperikemanusiaan tersirat dalam pesan dokumenter ini. Bagaimana bisa manusia dibumihanguskan dengan bom atom. Tidak hanya kematian namun juga kesengsaraan, dimana korban bom atom harus menghadapi efek radiasi nuklir, dan perlahan menuju kematian.

Conspiracy of Silence

Liputan tentang bagaimana sebuah kekuasaan dan uang disalahgunakan untuk berbuat kejahatan masif di dalam komunitas masyarakat.

The Killing of America, 1982

Amerika ternyata negara yang memiliki tingkat kejahatan tertinggi di dunia, meskipun tingkat kejahatan dunia sudah mulai menurun semenjak tahun ’90-an. Mulai dari peristiwa kerusuhan sampai pembunuhan.

Interview with a Cannibal 2012

Apa sebenarnya yang menggerakkan pikiran orang untuk membunuh dan memakan wanita yang tak bersalah? Kisah seorang kanibal yang diadili pengadilan, lalu pengadilan menganggap dia sakit jiwa, dan dilepaskan dari tuduhan kriminal.

Bulgaria’s Abandoned Children, 2007

Kasus anak terlantar di Bulgaria, dimana orang tua menelantarkan anaknya, apalagi anak yang cacat. Pemerintah Bulgaria tidak mampu menyelesaikan problem ini. Bahkan anak-anak terlantar di sini dibiarkan tanpa mendapatkan pendidikan dan terapi. Masa depan mereka pun terancam.

Child of Rage 1992

Kasus kekerasan pada anak di bawah umur, kekejian ayah kandung yang melakukan kekerasan seksual pada anaknya sendiri. Di video ini, di anak diinterviu oleh psikiater klinik.

Baca juga: Novel-novel Horor Terbaik Stephen King yang Telah Difilmkan

Related

Film 7017488931023223825

Recent

item