Bergelimang Uang, Inilah 10 Penulis Paling Kaya di Dunia

Bergelimang Uang, Inilah 10 Penulis Paling Kaya di Dunia

Naviri Magazine - Di Indonesia, karier sebagai penulis mungkin dianggap kurang menjanjikan, khususnya karena minat baca di negeri ini masih rendah. Namun, di negara-negara maju, menjadi penulis adalah salah satu karier yang menjanjikan. Pasalnya, masyarakat di negara maju memiliki minat baca yang tinggi, sehingga buku-buku yang beredar di sana pun dapat terjual dengan banyak.

Selain terbit dan beredar di negara mereka sendiri, buku-buku karya mereka pun diterjemahkan ke negara-negara lain, termasuk di Indonesia. Karenanya, jumlah penjualan buku mereka pun sangat besar, dan memberi mereka penghasilan besar. Hasilnya, mereka kaya-raya.

Di antara banyak penulis yang kaya-raya, berikut ini adalah sepuluh penulis paling kaya di dunia. Daftar berikut ini dimulai dari nomor 10.

Stephenie Meyer
Kekayaan bersih: $125 juta atau Rp 1,48 triliun

Kita pasti tahu film seri Twilight, yang menceritakan kisah cinta vampir dengan manusia. Sekuel film Twilight, New Moon, Eclipse, dan Breaking Dawn, merupakan adaptasi dari novel karya Stephenie Meyer.

Awalnya, Stephenie menulis konsep Twilight hanya untuk bersenang-senang. Tapi adiknya mendorong ia untuk mengirimkan tulisannya ke penerbit. Sejak karyanya diangkat ke layar lebar, Stephenie menjadi penulis terkenal dan kaya-raya.

Dean Koontz
Kekayaan bersih: $145 juta atau Rp 1,72 triliun

Mungkin kita tidak terlalu akrab dengan nama penulis satu ini. Namun, Koontz adalah penulis hebat yang sudah melahirkan puluhan novel, cerita pendek, dan karya nonfiksi. Buku-buku karyanya bahkan sudah terjual lebih dari 450 juta copy di seluruh dunia, sejak penerbitan novel pertamanya pada tahun 1968.

Koontz mengkhususkan dirinya dalam novel thriller yang menegangkan. Karyanya yang terkenal termasuk Demon Seed, Watchers, Hideaway, Intensity, dan Phantoms.

Nora Roberts
Kekayaan bersih: $150 juta atau Rp 1,78 triliun

Nora Roberts memulai karirnya dengan meluncurkan novel berjudul Irish Thoroughbred, pada tahun 1981. Sekarang ia sudah menerbitkan 209 novel roman. Bahkan, novel karyanya itu bertahan selama 861 minggu di daftar New York Times Best Seller.

Jackie Collins
Kekayaan bersih: $180 juta atau Rp 2,14 triliun

Jackie Collins adalah penulis wanita lainnya yang kaya-raya. Secara keseluruhan, Collins telah menerbitkan 29 novel, dan secara kolektif novelnya sudah terjual lebih dari 500 juta copy.

Novel pertamanya berjudul The World is Full of Married Men, yang diterbitkan pada tahun 1968. Novel pertamanya waktu itu dilarang dijual di Australia dan Afrika Selatan. Tapi tetap saja hal itu tidak mempengaruhi jumlah penjualan novel karyanya.

John Grisham
Kekayaan bersih: $200 juta atau Rp 2,83 triliun

John Grisham adalah seorang pengacara kriminal selama satu dekade, dan juga pernah bertugas di Mississippi House of Representatives dalam waktu yang singkat. Ia menerbitkan novel pertamanya, A Time to Kill, pada tahun 1989, dan kemudian diikuti dengan karyanya yang paling terkenal, The Firm, pada tahun 1991.

The Firm kemudian diangkat ke layar lebar, dibintangi oleh aktor Tom Cruise. John meraih rekor dengan penjualan terbanyak, yaitu 2 juta kopi, sejak pertama kali dipublikasikan.

Tom Clancy
Kekayaan bersih: $300 juta atau Rp 3,57 triliun

Penulis novel terkenal satu ini sudah meninggal pada bulan Oktober 2013 lalu. Tapi karya-karya tulisannya masih hidup sampai sekarang.

Banyak novel karya Clancy yang diangkat jadi film, acara televisi, atau video game. Beberapa novelnya yang paling terkenal antara lain The Hunt For Red October, Clear and Present Danger, The Sum of All Fears, dan Rainbow Six.

James Patterson
Kekayaan bersih: $310 juta atau Rp 3,69 triliun

Novel pertama James Patterson berjudul The Thomas Berryman Number, yang diterbitkan pada tahun 1976. Beberapa karyanya semakin terkenal, karena tokoh psikolog forensik Alex Cross, dalam novel Along Came a Spider, yang diterbitkan pada tahun 1993. Novel karyanya secara keseluruhan sudah terjual lebih dari 300 juta kopi.

Danielle Steel 
Kekayaan bersih: $375 juta atau Rp 4,46 triliun

Danielle Steel bisa dibilang sebagai penulis paling sukses di dunia terkait jumlah buku karyanya yang sudah terjual. Sejak debutnya pada tahun 1978, Danielle sudah menjual novel sebanyak 800 juta copy. Biasanya, setiap tahun Danielle menerbitkan novel terbaru.

Stephen King 
Kekayaan bersih: $400 juta atau Rp 4,76 triliun

Stephen King memiliki blibliografi yang sangat luas, yang banyak menerima penghormatan dari kalangan sastra. Novel-novelnya pada umumnya ber-genre horor, fiksi ilmiah, dan fantasi, seperti Carrie, Salem's Lot, The Shining, dan Pet Sematary.

Novel The Dark Tower merupakan salah satu yang paling terkenal, dan dianggap sebagai hasil karya terbaik Stephen King.

J.K. Rowling
Kekayaan bersih: $1 milliar atau Rp 11,9 triliun

Sangat pantas bagi penulis asal Inggris ini mendapat gelar sebagai penulis terkaya di dunia. J.K. Rowling adalah pencipta seri Harry Potter, yang diadaptasi menjadi film.

Novel pertamanya, Harry Potter and the Philosopher's Stone, yang terbit pada tahun 1997, berhasil meraih kesuksesan. Pada tahun 2007, Harry Potter and The Deathly Hallows, menjadi buku paling cepat terjual sepanjang masa; 15 juta copy terjual hanya dalam waktu 24 jam.


Related

Figures 7653098941899704490

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item