Panduan agar Mobil Selalu Mengkilap dan Tidak Cepat Kusam

Panduan agar Mobil Selalu Mengkilap dan Tidak Cepat Kusam

Naviri Magazine - Setiap pemilik mobil tentu ingin mobilnya selalu tampak mengkilap, dengan warna cat yang awet. Sayangnya, perlakuan yang keliru terhadap mobil bisa membuat warna mobil jadi kusam, sehingga tidak menarik dipandang.

Selain goresan, bekas air hujan dan busa sabun yang mengering karena sinar matahari, ternyata juga merusak tampilan kendaraan, karena menghasilkan bercak yang dapat mengganggu tampilan mobil.

“Bekas air hujan atau busa sabun pada permukaan mobil itu enggak bagus. Kalau pemiliknya tidak segera membersihkan, dan sering mendiamkan terlalu lama, cat mobil bisa cepat kusam," jelas Technical Support Auto2000, Agus Mustafa.

"Ibaratnya seperti manusia yang jarang mandi, pasti akan berdaki. Pun demikian dengan mobil,” tambah Agus.

Di sisi lain, dia juga menganjurkan pemilik mobil agar selalu membersihkan kendaraannya setelah terkena hujan, dan jangan dibiarkan terlalu lama agar tidak merusak cat mobil.

Untuk membersihkannya pun tak boleh asal-asalan. Alangkah baiknya untuk membersihkan mobil di tempat cuci yang layak. Kalaupun ingin mencuci sendiri, pemilik mobil harus benar-benar paham sampo yang digunakan.

Kata Agus, pastikan sampo yang digunakan untuk membersihkan adalah sampo yang kandungan pH-nya tidak terlalu tinggi. Karena jika tidak sesuai, bukannya mengkilap, mobil malah akan terlihat kusam.

Setelah dicuci bersih, segera keringkan kendaraan dengan menggunakan lap berbahan lembut, sampai benar-benar kering. Jangan membiarkan air mengering dengan sendirinya, karena hal tersebut akan meninggalkan bercak pada kendaraan.

Selain itu, jangan membiasakan diri untuk menutup kendaraan dengan sarung mobil dalam kondisi mobil yang masih basah. Dikhawatirkan, saat mobil disarungi dalam keadaan masih basah, cat permukannya akan lembap dan dapat mempengaruhi warna cat pada kendaraan.

Terakhir,  jangan terlalu sering memarkir kendaraan hingga terkena paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini juga menjadi poin yang harus diperhatikan pemilik kendaraan yang tidak ingin cat kendaraannya cepat kusam.


Related

Automotive 1626162401262423284

Recent

item