Ancaman Menakutkan di Balik Munculnya Danau Biru di Antartika

Ancaman Menakutkan di Balik Munculnya Danau Biru di Antartika

Naviri Magazine - Benua Antartika adalah tempat terdingin di dunia, karena wilayah itu hanya berisi es. Belakangan, di sana terjadi fenomena yang sekilas tampak menarik, namun ternyata diam-diam mengandung ancaman mengerikan. Di sana bermunculan danau biru di lapisan es tebal Antartika. Apa yang terjadi?

Oleh ilmuwan, danau berwarna biru indah itu disebut sebagai danau superglasial. Meski sangat menarik untuk dilihat dan difoto, kemunculan danau ini menimbulkan ketakutan di kalangan ilmuwan.

Penyebabnya, kemunculan danau superglasial diklaim sebagai tanda makin parahnya pemanasan global di Antartika. Selama tahun 2000-2013, ada 8.000 danau superglasial dilaporkan bermunculan di Antartika bagian timur.

Ya, danau biru yang terlihat itu tidak lain adalah lapisan es yang mencair. Danau ini diprediksi dapat melemahkan struktur lapisan es tebal di Antartika, dan membuatnya mudah hancur. Bahkan, fenomena danau superglasial dinyatakan sebagai salah satu penyebab utama semakin hilangnya es di Kutub Utara atau Artik.

Berdasarkan data NSIDC (National Snow & Ice Data Center), sekarang lapisan es di Antartika menutupi area seluas 14 juta kilometer persegi. Es Antartika luasnya sama dengan luas Amerika Serikat dan Meksiko digabung jadi satu. Dan munculnya danau superglasial menjadi masalah serius bagi Antartika.

Cukup wajar, sebab jumlah air yang sangat besar di Antartika membuat ilmuwan yakin, bila permukaan laut akan bertambah tinggi hingga 60 meter bila seluruh es di sana mencair.

Baca juga: Ada Kemungkinan, UFO Datang dari Masa Depan di Luar Bumi

Related

Science 8854894344728035388
item