Mengenal Angin Utama dan Alat Pengukur Kecepatan Angin

Mengenal Angin Utama dan Alat Pengukur Kecepatan Angin

Naviri Magazine - Apa yang disebut angin utama? Umumnya, angin diberi nama sesuai arah asalnya. Udara yang panas mengalir dari daerah tropis ke daerah kutub. Sebaliknya, udara yang dingin mengalir dari daerah kutub ke daerah tropis.

Jika angin barat yang bersifat hangat bertemu dengan angin timur yang bersifat dingin dari daerah kutub serta angin pasat, maka angin barat dan angin timur itulah yang disebut angin utama, dan paling dominan di garis lintang tertentu.

Apa yang disebut Skala Beaufort?

Skala Beaufort adalah alat yang digunakan untuk mencatat kecepatan angin. Skala Beaufort menggolongkan kecepatan angin pada skala 0 sampai 12. Angka 0 menunjukkan cuaca tenang, dan 12 menunjukkan badai. Seperti namanya, Skala Beaufort ditemukan oleh Admiral Sir Francis Beaufort pada tahun 1806.

Alat apa yang biasa digunakan seorang meteorolog?

Alat yang biasa digunakan seorang meteorolog di antaranya adalah barometer, anemometer, skala Beaufort, dan gafik sinoptik.

Baramoter adalah alat pengukur tekanan udara. Anemometer adalah alat pengukur kecepatan angin, skala Beaufort adalah skala untuk menggolongkan kecepatan angin, dan grafik sinoptik adalah grafik untuk melukiskan keadaan cuaca pada waktu tertentu.

Baca juga: Ini Penyebab Suara Guntur Selalu Mengikuti Kilat

Related

Science 2485036563780948346

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item