Mahal Bak Berlian, Apel Hitam Ini Dihargai Rp105 Ribu Per Buah

Mahal Bak Berlian, Apel Hitam Ini Dihargai Rp105 Ribu Per Buah

Naviri Magazine - Kita tentu sudah mengenal apel hijau atau apel merah. Kita juga tentu sudah kenal apel Malang, apel Fuji, atau bahkan apel Washington. Tapi, pernahkah kita mendengar apel hitam?

Ada jenis apel hitam bak berlian, yang juga dikenal dengan sebutan 'black diamond apple. Mengutip dari freshplaza.com, apel hitam tersebut tumbuh di dataran tinggi Nyingchi, Tibet.

Di daerah dengan rata-rata ketinggian 3.100 meter itu, suhunya kerap berubah ekstrem antara siang dan malam hari. Selain itu, banyak juga sinar matahari dan ultraviolet yang dapat membuat pertumbuhan pohon apel menjadi lebih baik.

Lingkungan alami yang sempurna ini rupanya memang cocok menjadi lokasi pembudidayaan black diamond apple, menurut Yu Wenxin, direktur salah satu e-commerce di China.

"Black diamond apple adalah jenis apel Hua Niu. Jenis unik ini dikembangkan di lingkungan khusus di Nyingchi dan teknologi okulasi petani. Apel ini memiliki ciri-ciri warna ungu kehitaman, berkilau, dan memiliki tekstur yang bagus. Dari luar, apel hampir terlihat seperti lilin, dan seindah berlian. Itulah sebabnya apel ini dinamakan black diamond apple," tambah Yu Wenxin.

Selain itu, mengutip Tencent News, apel ini juga memiliki bobot yang lebih berat dan padat jika dibandingkan jenis apel lainnya. Sehingga mengandung lebih banyak vitamin dan nilai gizi di dalamnya.

Penanaman yang mengambil lokasi di Tibet itu juga yang menyebabkan apel ini tahan terhadap udara dingin atau kering sekalipun. Tempatnya yang juga bebas dari polusi dengan tanah yang masih alami, menjadi alasan mengapa apel ini memiliki kualitas tinggi. 

Maka tak heran, jika black diamond apple dijual dengan harga yang cukup fantastis jika dibandingkan jenis apel lainnya. Apel unik ini dihargai 50 Yuan atau setara dengan Rp 105 ribu per buahnya. Karena mulai dari proses penumbuhan hingga dipanen apel ini membutuhkan proses yang cukup panjang, membuat black diamond apple termasuk buah langka.

Baca juga: Hati-hati, Ada Ancaman Bahaya yang Tersimpan Pada Avokad

Related

World's Fact 9078444394409064124

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item