Meraup Untung Besar, Aquaman Jadi Film Terlaris Sepanjang Masa

Meraup Untung Besar, Aquaman Jadi Film Terlaris Sepanjang Masa

Naviri Magazine - Aquaman tampaknya telah menjadi daya tarik terbesar DC Comics, bahkan melampaui Batman dan Superman. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan film Aquaman meraih penonton terbanyak di berbagai negara di dunia.

Setelah enam pekan tayang, akhirnya Aquaman menjadi film terlaris yang diangkat dari DC Comics. Box Office Mojo, melaporkan bahwa film garapan James Wan itu sudah meraup AS $1,09 miliar (Rp15,33 triliun) dari seluruh dunia—menumbangkan rekor $1,085 juta yang diperoleh The Dark Knight Rises pada 2012.

Di negeri asalnya, Amerika Serikat (AS), prestasi Aquaman sebenarnya biasa saja. Dengan perolehan $316,55 juta, film yang dibintangi Jason Momoa ini duduk di posisi keenam film DC terlaris—jauh di bawah $533,34 juta milik The Dark Knight (2008) di posisi nomor satu.

Namun, Aquaman lebih sukses di pasar internasional daripada dua film Batman karya Christopher Nolan. Di Indonesia saja, Aquaman berhasil mendapatkan $17,5 juta.

Penyumbang terbesar adalah Tiongkok, tempat film pahlawan laut ini memperoleh $294,8 juta. The Dark Knight tak diputar di sana, sementara The Dark Knight Rises hanya meraup $52,78 juta.

Sejak awal, Aquaman memang sudah menebar ancaman terhadap The Dark Knight.

Menurut Variety, ada beberapa faktor yang bikin Aquaman laris di Tiongkok. Pertama, efek spesial yang luar biasa, terutama untuk adegan dalam air. Kedua, tak ada sesama film Hollywood yang berpotensi jadi pesaing.

Ketiga, penayangan di Tiongkok dua pekan sebelum Aquaman tayang perdana di AS. Keempat, faktor James Wan. Meskipun ia warga Malaysia, sutradara Furious 7 itu tetap etnis Cina.

Faktor terakhir, Aquaman adalah film DC yang ringan sehingga lebih disukai penonton Tiongkok. Film ini lebih mirip bikinan Marvel/Disney dengan kisah tak segelap, katakanlah, The Dark Knight Rises.

Tiga besar di AS masih sama

Pendapatan domestik Aquaman pada akhir pekan lalu (periode 25-27 Januari) mencapai $7,35 juta, membuatnya bertahan di posisi tiga di tangga film terlaris di AS.

Dua film di atasnya juga masih sama dengan pekan lalu. Meski pendapatannya menurun 52,8 persen, Glass masih di puncak. Penurunan pendapatan Glass merupakan efek dari ulasan buruk yang menerpa film garapan M. Night Shyamalan itu.

Posisi kedua masih digenggam The Upside, film komedi yang dibintangi oleh Kevin Hart dan Bryan Cranston. Dengan demikian, tiga besar masih diisi film yang sama dengan periode sebelumnya

Penyebabnya tak ada film baru yang cukup kuat untuk menggoyahkan posisi tiga besar. Hanya ada dua film baru, The Kid Who Would be King di posisi empat dan Serenity di posisi delapan.

Judul pertama ber-genre fantasi, merupakan semacam pembaruan dari legenda Excalibur. Alex (Ashbourne Serkis) adalah seorang bocah biasa yang berhasil menarik pedang legendaris Excalibur dari batu penjepitnya.

Bersama penyihir Merlin (Patrick Stewart), Alex dan teman-temannya harus menyelamatkan dunia dari ancaman Morgana (Rebecca Ferguson), penyihir jahat nan licik.

Sementara, Serenity adalah sebuah film tegang yang dibintangi Matthew McConaughey. Ia menjadi Baker Dill, kapten kapal nelayan. Kehidupannya yang tenang berubah setelah sang mantan istri (Anne Hathaway) meminta Dill untuk membunuh suami barunya.

Berikut daftar 10 besar film terlaris di AS pada periode 11-13 Januari 2019 menurut Box Office Mojo.

1. Glass - $19,05 juta AS (total $73,59 juta - pekan 2).

2. The Upside - 12,24 juta AS ($63,14 juta - pekan 3).

3. Aquaman - $7,35 juta ($316,55 juta - pekan 6).

4. The Kid Who Would be King - $7,25 juta (pekan perdana).

5. Spider-Man: Into the Spider-Verse - $6,15 juta (169,04 juta - pekan 7).

6. Green Book - $5,4 juta ($49 juta - pekan 11).

7. A Dog's Way Home - $5,22 juta ($30,83 juta - pekan 3).

8. Serenity - $4,8 juta (pekan perdana).

9. Escape Room - $4,27 juta ($47,91 juta - pekan 4).

10. Dragon Ball Super: Broly - $10,65 juta ($28,96 juta - pekan 2).

Baca juga: Resensi Film Jelangkung: Kisah Pemburu Hantu yang Diburu Hantu

Related

Film 6577339786534936751

Recent

item