Asal Usul Digunakannya Mata Uang Euro di Wilayah Eropa

Asal Usul Digunakannya Mata Uang Euro di Wilayah Eropa

Naviri Magazine - Dulu, negara-negara di Eropa—semisal Jerman, Yunani, Prancis, dan lain-lain—memiliki mata uang sendiri-sendiri yang berbeda. Namun, semenjak 1 Januari 1999, mata uang di masing-masing negara diubah menjadi sama, yaitu Euro. Bagaimana asal usul perubahan mata uang tersebut?

Ternyata, hal itu dimulai setelah Perang Dunia II.

Perang Dunia II jadi pelajaran penting bagi negara-negara Eropa. Jean Monnet dari Perancis, yang dianggap sebagai bapak pendiri Eropa modern, berpendapat bahwa integrasi ekonomi akan sangat penting untuk menghilangkan konflik antarnegara yang terjadi usai perang besar abad 20 itu.

Pada 1951, Monnet menjadi kepala arsitek Komunitas Batubara dan Baja Eropa, yang merupakan langkah signifikan menuju integrasi Eropa. “Cara untuk membangun serikat baru adalah melalui langkah-langkah bertahap menuju integrasi ekonomi yang suatu hari akan mengarah pada integrasi politik,” tulis Franco Pavoncello, rektor John Cabot University, Roma, pada Mei 2011, sebagaimana dilansir Council on Foreign Relations.

Langkah besar menuju integrasi Eropa berikutnya adalah Perjanjian Roma 1957. Sesuai kesepakatan tersebut, Perancis, Jerman, Italia, Belgia, Belanda, dan Luxembourg, mendirikan Pasar Bersama dan Masyarakat Ekonomi Eropa (EEC). Pasar ini bertujuan menghapus tarif perdagangan antar negara anggota, sehingga mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Pada Desember 1969 di Den Haag, Belanda, para pemimpin negara-negara Eropa mengambil lompatan besar dalam sejarah: mengusulkan mata uang tunggal. Pertimbangannya, pemberlakuan mata uang tunggal akan membuat para pebisnis dan pelancong tak perlu melakukan pertukaran mata uang antar-negara Eropa, sehingga mereka bakal lebih sering melakukan transaksi dan jalan-jalan di kawasan Eropa.

Selain itu, dengan bank sentral Eropa, Zona Euro akan memiliki kebijakan moneter yang seragam. Kebijakan ini tidak bisa ditentang atau dibantah oleh pemerintah masing-masing negara anggota. Oleh karena itu, untuk mencegah inflasi domestik dan mendorong pertumbuhan domestik, pemerintah semua negara harus bertanggung jawab secara fiskal.

Negara-negara yang menggunakan mata uang tunggal juga perlu mengoordinasikan kebijakan ekonomi mereka. Saat kerja sama terjalin, perdamaian akan semakin kokoh.

Ekspansi Eropa pada dekade berikutnya dipercepat, terutama dengan penandatanganan Undang-Undang Eropa Tunggal tahun 1986. Dasar hukum ini memfasilitasi pengembangan pasar internal Eropa, memungkinkan pertukaran bebas modal, barang, dan juga sumber daya manusia.

Akhirnya, rencana penggunaan mata uang tunggal di Uni Eropa pertama kali disepakati pada Perjanjian Maastricht tahun 1992. Penggunaan mata uang bersama adalah bagian dari strategi yang lebih besar, yaitu Uni Ekonomi dan Moneter (EMU).

Sebanyak 27 negara Uni Eropa adalah anggota EMU. Tapi, hanya sebagian saja yang memiliki dan memenuhi kriteria terkait kondisi ekonomi dan moneter, yang harus dimiliki sebuah negara dalam konvergensi Maastricht tersebut.

Secara khusus, negara harus memastikan inflasi di bawah 1,5 persen, defisit anggaran di bawah 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB), dan rasio utang terhadap PDB kurang dari 60 persen.

Untuk memenuhi kriteria, banyak negara Uni Eropa harus mengadopsi reformasi anggaran yang ketat. Tapi dalam praktiknya, standar-standar ketentuan ekonomi itu tidak diterapkan secara konsisten di negara-negara Uni Eropa. Walhasil, krisis pun melanda.

“Ada uji tuntas yang sangat lemah dalam menilai kesesuaian untuk masuk Uni Eropa dan mengadopsi mata uang euro. Aplikasi yang sama lemah dari segi beberapa aturan yang seharusnya digunakan untuk mengawasi operasional,” ucap Jason Manolopoulos, seorang manajer dana lindung nilai, dalam buku Greece’s Odious Debt (2011), masih melansir CFR.

Keinginan pejabat UE untuk mengembangkan zona kawasan Uni Eropa dan euro yang besar dan kompetitif, membuat mereka mengabaikan tanda-tanda peringatan terjadinya krisis tersebut.

Efeknya pun kian nyata. Dalam kurun waktu tujuh tahun setelah mata uang euro resmi terbit secara fisik, masalah mulai membelit.


Related

Money 957033097121179546
item