Asal Usul Peringatan Hari AIDS Sedunia Pada 1 Desember

Asal Usul Peringatan Hari AIDS Sedunia Pada 1 Desember

Naviri Magazine - Hari AIDS sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember. Mengapa diperingati pada tanggal tersebut? Apakah karena memang AIDS diidentifikasi pertama kali pada 1 Desember?

Ide peringatan Hari AIDS bermula dari Thomas Netter dan James Dunn, yang bekerja di bagian informasi Program Global untuk AIDS Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) di Jenewa, Swiss. Pada bulan Agustus 1987, mereka berdua mencetuskan ide untuk menetapkan satu hari untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia atas pandemik AIDS.

Mereka kemudian mengajukan ide tersebut kepada Jonathan Mann, Direktur Program Global, yang kini dikenal sebagai UNAIDS. Mann menyetujui ide itu, dan kemudian memutuskan 1 Desember 1988 sebagai awal peringatan tahunan atas AIDS.

Mengapa tanggal 1 Desember yang dipilih? Tanggal itu dipilih karena pertimbangan tertentu.

Pertama, Thomas Netter dan James Dunn, yang seorang jurnalis, mempertimbangkan bahwa pemilihan tanggal 1 Desember dapat memaksimalkan peliputan oleh media massa. Hal itu berkaitan dengan pemilu Amerika Serikat yang biasanya digelar pada bulan November.

Ketika media sudah jenuh dengan berita politik dan pemilu, mereka butuh berita yang segar—dan peliputan mengenai AIDS dapat memberikan “kesegaran” di media massa.

Selain itu, awal Desember mendekati liburan Natal dan tahun baru. Terakhir, tanggal pertama di bulan terakhir (1 Desember) adalah waktu yang mudah diingat.

Baca juga: Sejarah dan Asal Usul Lahirnya Sistem Pengiriman Pos di Dunia

Related

World's Fact 1940479433325885181

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item