Bandersnatch, Film Interaktif dengan 1 Triliun Jalan Cerita

Bandersnatch, Film Interaktif dengan 1 Triliun Jalan Cerita

Naviri Magazine - Bandersnatch adalah film interaktif yang mengharuskan penontonnya mengambil keputusan yang mengubah jalan cerita. Film ini dirilis di Netflix tanggal 28 Desember 2018 dan tersedia dalam 28 bahasa.

Netflix sebelumnya pernah merilis program interaktif untuk anak-anak, Puss in Book (2017). Netflix juga merilis seri interaktif Telltale Games, Minecraft: Story Mode (2015), pada November 2018. Bandersnatch adalah film interaktif pertama untuk penonton dewasa.

Film ini ditulis oleh pencipta seri Black Mirror, Charlie Brooker. Pada Mei 2017, Brooker bersama produser eksekutifnya, Annabel Jones, ditawari Netflix untuk membuat episode interaktif; mereka langsung menolak karena transisi adegan dalam film-film interaktif sebelumnya tidak mulus.

Beberapa minggu kemudian, dalam sebuah rapat skenario, mereka menciptakan jalan cerita yang hanya bisa diwujudkan oleh film interaktif: Seorang pemrogram membuat permainan video berdasarkan buku pilih petualangan. Mereka ingin memperbesar dampak interaktivitas terhadap jalan cerita, sehingga interaktivitasnya tidak bisa disepelekan.

Brooker sebelumnya sempat membayangkan beberapa adegan penutup untuk episode "Playtest" di seri ketiga, tetapi tidak jadi diproduksi (versi alternatifnya berakhir lebih buruk, dan baru diputar apabila penonton sudah selesai menonton versi asli).

Brooker awalnya merancang film ini dengan satu jalan cerita yang jelas dengan beberapa adegan penutup. Ia kemudian membayangkan film yang mengingat pilihan-pilihan sebelumnya, dan menghasilkan jalan cerita lain. Supaya ceritanya tidak melenceng, Brooker memastikan inti ceritanya mengutamakan kebebasan memilih atau ilusi seolah-olah bebas memilih.

Atas saran Netflix, ia menulis 170 halaman skenario di Twine, perangkat lunak untuk menulis karya fiksi interaktif, serta Scrivener, Final Draft, dan beberapa versi Microsoft Notepad.

Struktur dasar film ini butuh waktu yang lama untuk dikembangkan, dan skenarionya dibuat dalam tujuh versi. Sebagai konten interaktif Netflix pertama untuk penonton dewasa, Bandersnatch memerlukan pilihan yang lebih kompleks daripada film-film interaktif sebelumnya. Tim Netflix kemudian membuat perangkat lunak khusus bernama Branch Manager.

Karena percabangan ceritanya banyak, Bandersnatch memiliki lebih dari satu triliun kemungkinan jalan cerita. Tim produksi membahas jumlah pilihan dan pembabakan cerita dalam film ini. Jalan cerita dan percabangannya terus bertambah saat pra-produksi.

Pemutaran film digital dengan transisi percabangan adegan yang mulus memerlukan penyimpanan singgahan dua adegan selanjutnya. Artinya, Bandersnatch tidak bisa diputar di beberapa perangkat lama, Chromecast, dan Apple TV. Untuk membantu penonton yang tidak familier dengan cara kerja permainan video, film ini memperkenalkan sereal sarapan Stefan sebagai percabangan adegan pertama.

Sereal yang dipilih akan mengubah iklan televisi di dalam film. Apabila penonton tidak memilih adegan, film akan berlanjut sesuai jalan cerita asli. Apabila penonton sama sekali tidak memilih adegan sampai akhir film, penonton disuguhi jalan cerita asli yang dikehendaki Brooker.

Bandersnatch dibintangi Fionn Whitehead, pemeran film perang Dunkirk (2017); Will Poulter, pemeran film tegang The Maze Runner (2014) dan drama kriminal Detroit (2017); dan Asim Chaudhry, pemeran dokumenter fiktif People Just Do Nothing.

Davies diperankan oleh pengembang permainan independen Jeff Minter yang pernah merilis beberapa permainan video psikedelik seperti Polybius, terinspirasi dari nama legenda permainan video.

Film ini disutradarai oleh David Slade yang sebelumnya menyutradarai episode "Metalhead" di seri keempat. Musiknya digubah oleh Brian Reitzell dan diiringi lagu "Relax" oleh Frankie Goes to Hollywood, "Hold Me Now" oleh Thompson Twins, "Here Comes the Rain Again" oleh Eurythmics, "Too Shy" oleh Kajagoogoo, "Making Plans for Nigel" oleh XTC, dan "Love On a Real Train" oleh Tangerine Dream.

Film ini dibuat selama delapan bulan. Pengambilan gambar berlangsung selama kurang lebih 35 hari, lebih lama daripada episode Black Mirror lainnya. Pengambilan gambar luar ruangan dilakukan di Croydon, bulan April 2018. Di St George's Walk, bagian depan toko ditata ulang agar menyerupai toko tahun 1980-an. No. 1 Croydon digunakan sebagai kantor pusat Tuckersoft.

Baca juga: Film-film yang Tokoh Utamanya Mengalami Gangguan Jiwa

Related

Film 4673333059236651011

Recent

item