Black Mirror: Bandersnatch, Film Interaktif yang Paling Ditunggu

Black Mirror: Bandersnatch, Film Interaktif yang Paling Ditunggu

Naviri Magazine - Black Mirror: Bandersnatch adalah film interaktif tahun 2018, dalam seri antologi fiksi ilmiah Black Mirror. Film ini ditulis oleh pencipta serinya, Charlie Brooker, dan disutradarai oleh David Slade. Netflix merilisnya sebagai film terpisah pada tanggal 28 Desember 2018.

Di Bandersnatch, penonton memutuskan tindakan yang akan diambil oleh tokoh utama, seorang pemrogram muda bernama Stefan Butler (Fionn Whitehead) yang mengangkat novel fantasi menjadi permainan video pada tahun 1984.

Tokoh-tokoh pendukungnya adalah Mohan Thakur (Asim Chaudhry) dan Colin Ritman (Will Poulter), karyawan perusahaan permainan video, ayah Butler, Peter (Craig Parkinson), dan terapis Butler, Dr. Haynes (Alice Lowe). Film ini diangkat dari rencana permainan video Imagine Software berjudul sama, yang tidak dirilis karena perusahaannya telanjur bangkrut.

Film ini juga menyinggung beberapa karya Lewis Carroll, yang melibatkan makhluk bandersnatch. Selain memadukan fiksi ilmiah dan horor, Bandersnatch juga mengandung komentar tersirat tentang kehendak bebas.

Brooker dan produser eksekutif Annabel Jones ditawari Netflix untuk membuat film interaktif pada Mei 2017. Untuk menciptakan skenario non-linier, Netflix membuat perangkat lunak khusus bernama Branch Manager. Interaktivitas film diwujudkan dengan memanfaatkan singgahan (cache) film di dalam komputer.

Pengambilan gambar dan produksi memakan waktu yang lebih lama daripada episode Black Mirror lainnya. Twit Netflix tentang Bandersnatch memancing spekulasi media sepanjang bulan Desember. Cuplikan Bandersnatch dirilis tanggal 27 Desember 2018, sehari sebelum filmnya dirilis.

Film ini dipuji oleh berbagai kritikus, tetapi beberapa di antara mereka menganggap interaktivitasnya tidak mencerminkan kekhasan cerita Black Mirror.

Baca juga: Fakta Menarik di Balik Topeng-Topeng Seram di Film Horor

Related

Film 1388624134441073781

Recent

item