'Black Panther', Film Superhero Pertama yang Masuk Best Pictures Oscar

'Black Panther', Film Superhero Pertama yang Masuk Best Pictures Oscar

Naviri Magazine - Bagi insan film Hollywood, Oscar adalah penghargaan prestisius yang membuat pemenangnya seketika mendapatkan tambahan popularitas. Karenanya, ada banyak pihak yang sangat berharap bisa masuk Oscar, entah sebagai aktor/aktris terbaik, sampai film terbaik.

Sepuluh tahun lalu, 'The Dark Knight' yang digarap Christopher Nolan membuat perubahan besar di ajang Academy Awards. Sebuah film superhero masuk dalam nominasi Oscar.

Kini sejarah terulang kembali ketika 'Black Panther' dinominasikan masuk dalam kategori Best Pictures. Namun merupakan sejarah baru, karena 'Black Panther' untuk pertama kalinya dalam sejarah Oscar, masuk dalam deretan kategori utama.

Marvel Studio memang berjuang keras agar filmnya masuk Oscar. Mereka mendesak Oscar untuk membuat kategori baru, yaitu 'popular film'.

Dengan raihan US$ 700 juta di Amerika Serikat, film yang disutradarai oleh Ryan Coogler itu menjadi yang terlaris ketiga tertinggi sepanjang masa. Di seluruh dunia, film itu menghasilkan US$ 1,3 miliar.

Itu berarti, 'Black Panther' merupakan film terlaris ketiga yang masuk dalam nominasi Oscar, di belakang 'Avatar' dan 'Titanic' karya James Cameron.

Terlepas dari suksesnya mengundang penonton, 'Black Panther' memang mendapat dukungan besar dari kritikus film. Pesan budaya yang ditampilkan, disebut-sebut membantu mereka untuk mengangkat film genre superhero ke deretan teratas.

Mungkin sudah waktunya Academy Awards membuka lebar pintu mereka. Meski tahun lalu, 'Logan' yang ditulis oleh James Mangold juga menjadi superhero pertama yang masuk dalam nominasi 'Best Adapted Screenplay'.

'Black Panther' masuk dalam nominasi 'Best Picture', 'Best Costume Design', 'Best Original Score', 'Best Original Song', 'Best Sound Editing', dan 'Best Sound Mixing'.

Di nominasi Best Picture, 'Black Panther' bakal bersaing dengan 'BlacKkKlansman', 'Bohemian Rhapsody', 'The Favourite', 'Green Book', 'Roma', 'A Star Is Born', dan 'Vice'.

Baca juga: 5 Film Hollywood yang Menyuguhkan Adegan Seks Sebenarnya

Related

Film 7707163652005262106

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item