Cara Membatasi Notifikasi pada Aplikasi di Ponsel Android

Cara Membatasi Notifikasi pada Aplikasi di Ponsel Android

Naviri Magazine - Aplikasi di sebagian besar perangkat Android sesungguhnya memiliki lebih banyak “wewenang” dari yang kita bayangkan. Kalau kita tak mengambil langkah tertentu untuk menangani ini, aplikasi akan seenaknya mengirim push notification, mengambil datamu, dan bahkan nebeng kemampuan memproses ponselmu.

Inilah sebabnya Android 6 dan versi yang lebih baru memungkinkan pengguna membatasi aplikasi tertentu yang mengakses data kita. Misalnya, Firefox ingin mengakses kontak di ponselmu. Jangan khawatir, kamu bisa menonaktifkan fungsi ini dengan membuka Usage Manager/Firefox/Authorizations.

Masalahnya, sampai saat ini belum ada fungsi untuk mematikan otorisasi beberapa aplikasi sekaligus. Jadi, kamu harus melakukannya satu per satu. Repot, tapi sangat berguna kalau kamu tipe orang yang sangat melindungi privasimu.

Push Notification sebenarnya tak terlalu mengganggu. Yang jadi perkara adalah hampir semua aplikasi berlomba-lomba mengirim push notification.

Untuk masalah satu ini, kamu bisa menyetel profil push notification untuk tiap aplikasi di submenu “Notifications” di bawah Settings. Dari sini, kamu bisa menentukan apakah sebuah aplikasi bisa mengirimkan push notification pada momen-momen tertentu atau tidak sama sekali.

Translasi instan dari Gboard

Keyboard Gboard buatan Google tak hanya berbagai macam gif dan fungsi pencari emoji, namun ternyata juga punya perangkat translasi instan. Kamu bisa mengunduh Gboard dari Play Store.

Kamu bisa mengaktifkan perangkat translasi ini di bawah search bar, di bawah tuts keyboard. Untuk membuka fitur ini, kamu cukup mengetuk simbol Google. Fitur lalu akan menerjemahkan apapun yang sedang kamu ketik, dan akan menghindarkan kamu dari kerepotan copy-paste dari aplikasi penerjemahan lain.


Related

Tips 3089571634763931110
item