Begini Cara Menabung Tanpa Harus Menyisihkan Uang Lebih

Begini Cara Menabung Tanpa Harus Menyisihkan Uang Lebih

Naviri Magazine - Kalau mendengar kata “menabung”, kemungkinan yang langsung terbayang dalam benak kita adalah hal sulit, yaitu menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk ditabung.

Menyisihkan sebagian uang seringkali terasa memberatkan, meski tujuannya untuk hari depan atau simpanan darurat.

Namun, tak pernah ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan baik, seperti halnya menabung. Untuk Anda yang merasa sulit menyisihkan uang sebagai 'pengeluaran' untuk tabungan, coba beberapa tips keuangan untuk mulai menabung kecil-kecilan ini.

Buat anggaran

Prinsip utama berhemat juga wajib Anda terapkan saat mau mulai menabung. Dalam hal ini, budjeting alias membuat anggaran memudahkan Anda melihat dana yang tak terpakai dari anggaran rutin.

Simpan dana tak terpakai

Melanjutkan poin sebelumnya, anggaran yang tak terpakai bisa Anda alihkan ke satu tabungan khusus. Misalnya, kalau Anda menganggarkan biaya hangout sebanyak Rp800 ribu, tapi ternyata hanya terpakai sebagian, simpan sebagian sisanya ke tabungan khusus tersebut.

Anda bisa menandainya juga dengan tujuan mengumpulkannya, yang sifatnya tidak buru-buru, misalnya untuk uang jajan selama traveling ke Paris tahun 2020 mendatang.

Simpan uang receh kembalian belanja

Bagi sebagian orang, menyimpan uang receh berupa koin kembalian belanja dianggap kelewat pelit, bahkan fetish terhadap uang. Namun, ini salah satu cara mudah membiasakan menabung sejak dini, yang bisa juga menjadi cara Anda beramal.

Ada orang yang sengaja mengumpulkan recehan, lalu mengamalkannya ke orang-orang yang memerlukan.

Sisihkan piutang yang kembali

Entah karena uang yang dipinjam orang lain dari Anda jumlahnya tak seberapa, atau memang Anda telah mengikhlaskannya, coba untuk menyisihkan pinjaman yang dikembalikan sebagai simpanan.

Bisa disatukan dengan dana yang tak terpakai, atau dalam celengan Anda lainnya. Lain cerita, kalau uang yang dipinjam jumlahnya cukup besar.

Baca juga: Mencari Keuntungan Lewat Investasi Saving Bond Ritel

Related

Tips 2762562672712706559

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item