Clifford Geertz, Antropolog Amerika yang Terkenal di Indonesia

Clifford Geertz, Antropolog Amerika yang Terkenal di Indonesia

Naviri Magazine - Clifford James Geertz adalah antropolog asal Amerika yang banyak melakukan penelitian mengenai Indonesia dan Maroko dalam bidang seperti agama (khususnya Islam), perkembangan ekonomi, struktur politik tradisional, serta kehidupan desa dan keluarga. Namanya bisa dikatakan telah identik dengan studi antropologi dan sosiologi.

Terkait kebudayaan Jawa, dialah yang mempopulerkan istilah “priyayi” saat melakukan penelitian tentang masyarakat Jawa pada tahun 1960-an, dan mengelompokkan masyarakat Jawa ke dalam tiga golongan; priyayi, santri, dan abangan.

Ia lahir di San Francisco pada 23 Agustus 1926, dan meninggal di Philadelphia pada 30 Oktober 2006. Sejak tahun 1970 hingga meninggal dunia, Geertz menjabat sebagai profesor emeritus di Fakultas Ilmu Sosial di Institute for Advanced Study. Ia juga pernah menjabat sebagai profesor tamu di Departemen Sejarah Universitas Princeton, dari tahun 1975 hingga 2000.

Beberapa karyanya antara lain, “The Religion of Java”, “Negara: The Theatre State in 19th-Century Bali”, “The Interpretation of Cultures”, dan “Islam Observed: Religious Development in Marocco and Indonesia”.

Baca juga: Kisah Kaisar William II, Kaisar Terakhir yang Berkuasa di Jerman

Related

Figures 4115783803807728456

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item