Dua Hal Penting yang Perlu Dilakukan Sebelum Usia 30 Tahun

Dua Hal Penting yang Perlu Dilakukan Sebelum Usia 30 Tahun

Naviri Magazine - Usia 30 sering dianggap sebagai usia awal dewasa sesungguhnya, ketika setiap orang akan menatap kehidupan dengan cara yang benar-benar berbeda. Di saat usia 30, orang biasanya sudah serius menjalani kehidupannya, terlepas masih lajang atau sudah menikah dan berkeluarga. Dalam hal itu, keuangan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Tony Robbins, pengusaha sukses dan penulis buku Money: Master the Game, menyebut cara hidup dan perlakuan kita terhadap uang di usia 20-an akan berpengaruh terhadap hidup kita.

Oleh karena itu, sebelum menginjak usia 30 tahun, Robbins menyarankan untuk melakukan dua hal penting dalam hal keuangan. Apa saja? Berikut langkah dan penjelasannya, seperti dikutip dari CNBC:

Bila kamu ingin mencapai kesuksesan dan kesejahteraan dalam hidup, Robbins menyarankan untuk mulai investasi. Mengapa? Dengan investasi, kamu juga akan menjadi seorang pemilik bisnis, bukan hanya konsumen.

"Kamu konsumen atau pemilik bisnis? Kamu tidak akan mencapai target tanpa menjadi investor. Jangan cuma membeli produk Apple, tapi milikilah Apple," katanya.

Dari kutipan tersebut, Robbins tidak sedang merekomendasikan saham Apple atau saham teknologi lain. Lebih dari itu, ia mengajak untuk berinvestasi melalui indeks. Sebagai langkah awal, kamu bisa memulainya dengan investasi reksa dana atau exchange traded fund (ETF). Melalui dua instrumen tersebut, kamu bisa memiliki beberapa portofolio saham dengan jumlah nominal yang kecil.

Selain reksa dana dan ETF, Tony juga merekomendasikan untuk memulai investasi pada akun-akun investasi lain, seperti dana pensiun. Memulai untuk investasi sedini mungkin, dan melakukannya dengan disiplin, adalah hal penting.

Mengatur investasi secara otomatis

"Pendapatan yang kamu peroleh hari ini akan menjadi investasi, bila suatu saat kamu dapat menghasilkan uang tanpa bekerja," ujar Robbins.

Bagaimana cara termudah untuk mencapai ke sana? Caranya adalah melakukan investasi secara otomatis. Jangan mencampuradukkan semua akun pendapatan, pengeluaran harian, tabungan, serta investasi.

"Jangan pedulikan berapa usiamu, autodebet harus terus dijalankan sampai kamu benar-benar mencapai tujuan. Melalui autodebet di akun investasi, kamu akan otomatis menabung," saran Robbins.

Setiap tanggal 1 setiap bulan misalnya, kamu bisa menyisihkan dana untuk investasi Rp1 juta ke akun reksa dana atau dana pensiun.

Investasi bukan tentang seberapa banyak nominal yang dialokasikan. Menurut Robbins, investasi adalah tentang kapan dan bagaimana kamu memulai.

Bagaimana? Sudah siap untuk mengamankan masa depan finansialmu?

Baca juga: Waduh, "Mengejar Passion" Ternyata Saran yang Menyesatkan

Related

Lifestyle 2988905521207744273
item