Ini Durian Termahal di Indonesia, Harganya Rp14 Juta Per Buah

Ini Durian Termahal di Indonesia, Harganya Rp14 Juta Per Buah

Naviri Magazine - Banyak orang suka durian, buah yang memliki aroma dan rasa yang khas. Sebegitu banyak yang suka, durian tetap selalu diburu meski memiliki harga relatif mahal. Setidaknya, dibanding rata-rata buah lain, durian memiliki harga lebih tinggi.

Berapa harga durian paling mahal yang pernah kita beli? Mungkin beberapa puluh ribu atau beberapa ratus ribu. Bagaimana dengan durian yang berharga jutaan? Ternyata, di Indonesia ada durian yang harganya mencapai 14 juta rupiah per buah. Namanya durian J-Queen.

Durian J-Queen sempat menghebohkan warga Indonesia, saat dijual dalam pesta durian yang digelar di supermarket Asia Plaza Kota Tasikmalaya. Berikut ini fakta-fakta terkait durian mahal tersebut.

Hasil persilangan durian unggul 

Durian yang diberi nama J-Queen ini bukan durian sembarangan. Pasalnya, ia tidak berasal dari bibit yang biasa dijual. Ia adalah hasil persilangan dari beberapa bibit unggul di Indonesia.

Hanya ada satu pohon

Di balik harganya yang fantastis, ternyata pohon durian J-Queen hanya ada satu pohon. Tidak hanya itu, untuk bisa menikmati buah fenomenal ini harus menunggu dalam jangka waktu sangat lama. Pasalnya, durian J-Queen hanya berbuah tiga tahun sekali. Itu pun jumlahnya tidak banyak, hanya menghasilkan sekitar 20 buah sekali panen.

Memiliki rasa yang unik

Sebanding dengan harganya yang membuat banyak orang melongo, J-Queen memiliki rasa yang unik. Buah itu memiliki rasa berbeda dengan durian umumnya, yaitu perpaduan rasa kacang dan mentega. Selain itu, rasa manis dan pahit khas duriannya juga seimbang.

Bentuk J-Queen bulat sempurna, dan terlihat enam garis jalur buah di dalamnya. Daging buah di dalamnya berbentuk bulat, dengan warna kuning keemasan. Tidak seperti durian umumnya yang memiliki daging buah berbentuk lonjong.

Kerap juarai kontes

Faktor yang turut menjadi alasan durian J-Queen memiliki harga sangat tinggi adalah penghargaan yang pernah diraih. Durian itu kerap menjuarai kontes-kontes durian. Terakhir, buah berduri itu bahkan mengalahkan durian andalan Malaysia, Musang Mas, saat diikutkan kontes di Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Penemunya adalah orang Tasikmalaya

Sejarah durian J-Queen hingga memiliki harga fantastis, tidak bisa mengesampingkan peran seorang pemuda yang kerap disapa Aka. Pemuda berumur 32 tahun itu berasal dari Kota Tasikmalaya. Ia adalah orang yang berhasil menemukan bibit unggul dari beberapa persilangan yang dilakukannya.

Aka adalah lulusan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Di sana, ia mengambil Jurusan Psikologi. Meski demikian, usai tamat, Aka justru menekuni dunia pertanian durian berjenis unggul, serta menghasilkan varietas baru. Salah satunya adalah J-Queen.

Meski dibanderol dengan harga sangat tinggi, nyatanya ada orang yang rela merogoh kocek demi mendapatkannya. Hingga tulisan ini dibuat, dua dari empat durian telah laku dibawa pencinta durian asal Tasikmalaya, sedangkan sisanya masih menjadi objek swafoto bagi pengunjung supermarket.

Baca juga: Mahal Bak Berlian, Apel Hitam Ini Dihargai Rp105 Ribu Per Buah

Related

News 1738380167239185998
item