Mengenal Fitur-fitur Keselamatan di Mobil Zaman Sekarang

Mengenal Fitur-fitur Keselamatan di Mobil Zaman Sekarang

Naviri Magazine - Keasyikan berkendara tidak hanya ditunjang oleh mobil yang nyaman dikendarai, tapi juga dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan yang menunjang keamanan selama berkendara. Karena, buat apa nyaman kalau tidak aman? Salah satu cara yang ditempuh produsen mobil adalah dengan membekali mobil mereka dengan sejumlah fitur keselamatan.

Makin ke sini, konsumen mulai jeli dalam menentukan pilihan. Selain model dan desain kendaraan, mereka juga memperhatikan kelengkapan fitur keselamatan. Maka tak heran bila mobil-mobil zaman kini diperkuat dengan fitur keselamatan.

Sebagaimana diketahui, fitur keselamatan pada dasarnya dibagi dalam dua kategori, yakni pasif dan aktif.

Fitur keselamatan pasif akan membantu mengurangi terjadinya cedera serius setelah terjadi kecelakaan. Di sini, fiturnya termasuk sabuk keselamatan dengan pretensioner dan force limiter, supplemental restraint system (SRS) airbag, juga isofix.

Sementara fitur keselamatan aktif, termasuk di antaranya rem anti-lock braking system, brake assist (BA), electronic brake force distribution (EBD), traction control, vehicle stability control (VSC), dan hill start assist (HSA). Fitur-fitur ini akan berfungsi sebelum terjadinya kecelakaan, atau bisa jadi mencegah terjadinya potensi kecelakaan.

Menurut General Repair Service Manager TAM, Iwan Abdurahman, fitur-fitur keselamatan aktif dan pasif yang makin lengkap akan ditemui serta menjadi tren mobil di masa depan. Meskipun dia tak menampik bahwa harga mobil yang fitur keselamatannya lengkap dibanderol lebih tinggi.

"Ke depannya, kalau memang trennya, dan kebutuhan masyarakat memang butuh. Jadi misalkan Rush kayak gini, ngeluarin mobil dengan fitur seperti ini. Pasti kan mobil-mobil di atasnya bakal kayak `wah Rush itu aja udah pakai`," kata Iwan.

Ia menambahkan, di Toyota selalu melakukan survei terkait fitur-fitur apa saja yang perlu diproritaskan.

"Kami buat produk atas dasar masukan dari pelanggan. Tapi tentunya dari pabrikan juga ada aturan untuk menghadirkan fitur-fitur tertentu untuk ditambahkan," paparnya.

Baca juga: Panduan agar Mobil Selalu Mengkilap dan Tidak Cepat Kusam

Related

Automotive 3542739517665545401

Recent

item