Gajah, Hewan dengan Ingatan Paling Tajam di Dunia

Menghitung Keuntungan dari Investasi Surat Berharga Negara  Kebiasaan Orang Modern: Malas Makan, Tapi Suka Ngemil  Indonesia, Negara dengan Media Massa Terbanyak di Dunia  Lumba-lumba Hidung Botol, Mamalia Laut Paling Pintar  Gajah, Hewan dengan Ingatan Paling Tajam di Dunia  Jutaan Serangga Hitam Mendatangi Makkah, Warga Dunia Geger  Kisah Nyata Remaja yang Menjual Ginjal Demi Bisa Beli iPhone

Naviri Magazine - Ada beberapa jenis gajah di dunia, dan semua jenis gajah itu diyakini memiliki tingkat kepintaran yang sama. Otak gajah adalah otak terbesar di antara semua makhluk darat yang hidup saat ini. Selain itu, gajah juga memiliki berbagai macam indra yang tajam, terutama dalam hal pendengaran dan memori atau ingatan.

Kemampuannya dalam hal memori dapat dibuktikan dari ingatannya pada rute-rute yang pernah mereka lewati, serta jarak tempuhnya.

Karena ingatan yang kuat itu, gajah bisa dibilang tidak penah tersesat. Mereka juga mampu mengingat anggota koloninya, serta tahu membedakan panggilan untuk masing-masing gajah lainnya.

Ketika berkomunikasi dengan gajah-gajah lain yang jaraknya sangat jauh, seekor gajah dapat menggunakan teriakannya, suara terompet dari belalainya, atau menggunakan getaran infrasonik pada injakan kakinya ke tanah.

Yang mungkin tak pernah terbayang, gajah juga memiliki sisi psikologi yang hampir mirip dengan manusia. Mereka dapat tertawa, menangis, juga marah. Karenanya, beberapa kebudayaan tua di dunia pun menjadikan gajah sebagai lambang kebijaksanaan.

Baca juga: Lumba-lumba Hidung Botol, Mamalia Laut Paling Pintar

Related

Science 8245015538947645998

Recent

item