Saran untuk Generasi Milenial yang Ingin Punya Rumah Sendiri

Saran untuk Generasi Milenial yang Ingin Punya Rumah Sendiri

Naviri Magazine - Mana yang lebih penting, liburan atau menabung untuk beli rumah? Jika pertanyaan itu diajukan pada generasi milenial, bisa jadi mereka menjawab bahwa liburan atau traveling lebih penting. Seperti yang kita tahu, traveling atau jalan-jalan sudah jadi bagian dari gaya hidup generasi milenial.

Saat ini milenial kerap disimbolkan sebagai anak muda yang modern dan melek informasi. Sayangnya, saat ini generasi milenial sedang dihadapkan tantangan berat. Terutama gaya hidup yang mudah sekali terpengaruh lingkungan sekitar, dan minimnya kesadaran soal kesiapan hidup di masa mendatang, seperti investasi misalnya.

Co-Founder QM Financial sekaligus perencana keuangan, Ligwina Hananto, mengungkapkan kegelisahannya pada generasi milenial saat ini. Menurutnya, kaum milenial belum terlihat serius untuk mempersiapkan masa depan, khususnya dalam hal memiliki rumah sendiri.

"Saya lihat sekarang itu anak muda (milenial) saat ini lebih suka pamer-pamer foto makanan, pakaian OTD (Outfit of The Day) di Instagram. Jarang tuh yang pamer punya rumah," ungkapnya saat gelaran acara Properti Outlook di JS Luwansa, Jakarta Selatan, Kamis (24/1).

Untuk itu, dia mendorong agar generasi milenial lebih giat untuk menabung maupun investasi, sehingga bisa memiliki rumah sendiri. Sebab, rumah merupakan aset penting yang harus dipersiapkan untuk masa depan kelak.

"Makanya ayo kumpulin DP (Down Payment) dulu. Insight milenial beli rumah lebih nakutin daripada menikah. Kalau punya uang malah dipakai buat liburan, kebutuhan lain, krim pemutih wajah, ketimbang nyicil DP buat rumah," lanjutnya.

Ligwina menyarankan agar milenial mulai menyisihkan uangnya untuk investasi dan menabung. Sehingga setidaknya beban untuk membayar DP tidak terlalu berat.

 "Program (DP) 0 persen enggak nolong. Harus sisihkan 5-10 persen dari harga properti. Mending jauh hari nabung DP, karena siapa tau nyicil rumah enggak ada uang buat DP, itu repot," tutupnya.


Related

Tips 6915609753298261307
item