Benarkah Helm yang Sudah Jatuh Tidak Boleh Dipakai Lagi?

Benarkah Helm yang Sudah Jatuh Tidak Boleh Dipakai Lagi?

Naviri Magazine - Selain harus membawa surat-surat kendaraan (SIM dan STNK), pengendara sepeda motor juga diwajibkan mengenakan helm sebagai pelindung kepala. Hal ini tertuang dalam pasal 57 ayat 1 dan 2 Undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

1. Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan Wajib dilengkapi dengan perlengkapan Kendaraan Bermotor,

2. Perlengkapan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi Sepeda Motor berupa helm standar nasional Indonesia.

Selain menahan benturan, fungsi lain helm dapat menyerap dan meredam energi saat benturan terjadi. Di dalam helm, terdapat berbagai komponen untuk menyerap energi benturan.

Pertama ada hard outer shell atau biasa disebut batok, kemudian inside shell yang berbahan styrofoam, kemudian komponen terakhir yang bersentuhan langsung dengan kepala manusia yang dapat dibongkar pasang, disebut comfort padding.

Namun, pernahkah Anda mendengar mitos bila helm yang sudah jatuh sebaiknya jangan digunakan kembali?

"Jadi begini, itu tergantung pas jatuh kejadiannya seperti apa. Kalau jatuhnya karena tabrakan kecepatan tinggi dan berbenturan keras, itu sudah pasti kami sarankan untuk tidak dipakai lagi," jelas Kasim, salah satu penggawa komunitas Belajar Helm.

"Kenapa? Kalau benturan keras, itu lapisan EPS (Expanded Polystyrene-Styrofoam) yang busa gabusnya itu kalau gerak atau geser, itu sudah pasti enggak aman lagi. Kemudian, lihat juga base atau batok aslinya, ada retak enggak. Kalau pun ada, walaupun kecil retaknya, ganti helm dengan yang baru, itu sebagai pilihan terbaik," tambahnya.

Titik benturan pada helm

Bukannya tanpa alasan, Kasim menganjurkan untuk tidak menggunakan helm yang sudah jatuh, karena pada titik tertentu tingkat kekuatan helm sudah tidak sebaik saat keluar dari pabrik. Sehingga, saat kembali terjadi benturan dan mengenai titik tersebut, fungsi helm sudah tidak lagi melindungi kepala dan meredam energi benturan.

"Amit-amit kalau sudah jatuh kemudian helm dipakai lagi, kemudian crash lagi, terus kena di titik benturan sebelumnya. Nah, daerah itu kan lemah sebenarnya, ditambah tekanan (benturan) yang berat, jadinya fungsi helm enggak bekerja lagi," imbuhnya.

Itu saat terjadi benturan keras dan kecepatan tinggi, bagaimana kejadiannya saat helm jatuh dari meja atau kurang lebih dari ketinggian 1 meter? Kasim menilai tidak masalah selama tidak ada kerusakan seperti yang sudah dijelaskan di awal, yang berarti helm dapat dipergunakan kembali sehari-hari.


Related

Automotive 5196717403519171130

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item