Ini Ikan Paling Jelek dan Paling Mengerikan Menurut Ilmuwan

Ini Ikan Paling Jelek dan Paling Mengerikan Menurut Ilmuwan

Naviri Magazine - Di dasar laut, ada banyak ikan yang tidak pernah kita saksikan, karena mereka memang tidak pernah naik ke permukaan. Meski begitu, para penyelam sering membuat foto-foto mereka, sehingga kita bisa melihat wujud ikan-ikan tersebut. Ikan-ikan di dasar laut terkenal aneh, unik, kadang jelek, hingga menyeramkan.

Di antara semua ikan yang dianggap jelek, para ilmuwan menyebut bahwa sarcastic fringehead (Neoclinus blanchardi) sebagai ikan paling buruk rupa sekaligus mengerikan.

Karena dianggap sangat jelek, berbagai literatur ilmiah menjuluki ikan ini sebagai ikan paling buruk rupa. Dalam keadaan biasa, ikan ini memiliki warna cokelat dengan mata yang terbelalak. Namun bila sedang marah, perubahan terjadi, dan ikan ini akan menjelma sangat menyeramkan.

Saat ikan sarcastic fringehead merasa terancam karena didekati pejantan lain yang dianggap lawan, ia akan membuka mulutnya lebar-lebar, seperti ada sayap di sekitar mulutnya yang berwarna-warni. Saat itu pula terlihat gigi-giginya yang kecil dan tajam.

Ahli biologi kelautan, Watcharapong Hongjmarassilp, mengatakan dalam tesis penelitiannya, bahwa warna-warni pada mulut ikan sarcastic fringehead berfungsi untuk komunikasi.

Bila membuka mulut saja tidak cukup untuk menakut-nakuti lawannya, mereka akan bertarung dengan cara mengadu mulut, hingga akhirnya ikan pemilik mulut yang paling besar akan keluar sebagai juaranya.

Selain buruk rupa, sarcastic fringehead juga merupakan ikan yang galak dan agresif. Mereka akan menyerang apapun yang dianggap mengancam ataupun yang dianggap bisa dijadikan mangsa. Ikan ini tercatat akan menyerang penyelam yang berada di dekat mereka.

Untuk masa hidupnya, Aquarium of Pacific memperkirakan ikan sarcastic fringehead bisa hidup sampai enam tahun lamanya.

Meski terlihat menyeramkan dan agresif, ikan ini sebenarnya tidak memiliki ukuran besar. Menurut Science Alert, panjang tubuhnya hanya akan mencapai sekitar 30 sentimeter. Meski bertubuh kecil dan rawan dijadikan mangsa oleh ikan lain yang bertubuh besar, perilaku agresif ikan ini membuatnya dapat bertahan hidup.

Sarcastic fringehead hidup di perairan Samudra Pasifik, di lepas pantai Amerika Utara, dari San Francisco hingga Baja California di Meksiko. Mereka adalah predator penyergap, dan suka melakukan pengintaian dari lubang persembunyiannya.

Baca juga: Gurita, Hewan yang Bisa Memahami dan Memecahkan Masalah

Related

Science 7670789368424062059

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item