Di Argentina, Ada Jalan Raya Paling Lebar di Dunia

Di Argentina, Ada Jalan Raya Paling Lebar di Dunia

Naviri Magazine - Di pusat kota Buenos Aires, Argentina, ada sebuah jalan raya bernama 9 de Julio Avenue (atau Avenida 9 de Julio, dalam bahasa setempat), yang merupakan jalan raya paling lebar di dunia.

Jalan itu hanya sepanjang 1 kilometer, namun lebarnya mencapai 110 meter. Karena lebarnya, hanya sedikit orang yang mampu menyeberangi jalan itu ketika lampu merah menyala.

Selain lebar, jalan itu juga istimewa, karena mencakup blok seluruh kota. Jalan itu memiliki tujuh jalur di setiap arah, dan kedua sisinya diapit jalan-jalan pararel dari dua jalur masing-masing.

Beberapa landmark utama Buenos Aires juga terdapat di jalan itu, semisal Obelisk, yang berada di tengah Avenida 9 de Julio, Kedutaan Besar Prancis, patung Don Quixote, Colon Teatro, dan beberapa lainnya.

Jalan raya itu mulai direncanakan pada 1888, dengan nama Ayohuma. Tetapi, karena para pemilik tanah yang terkena dampak penggusuran menentang pembangunannya, proyek itu pun tertunda sampai 1935. Pemerintah Prancis yang memiliki gedung kedutaan di komplek itu juga menentang rencana pembangunan jalan tersebut, karena tidak ingin kantor kedutaannya dibongkar.

Namun akhirnya Avenida 9 de Julio resmi dibangun pada 9 Juli 1937, dan selesai pada tahun 1960. Pembangunan jalan yang sangat lebar itu dipuji sebagai mahakarya dalam bidang arsitektur.

Baca juga: Negara-negara dengan Pendapatan Per Kapita Tertinggi di Dunia

Related

World's Fact 7235828056636072108

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item