Kekaisaran Khmer, Peradaban Kuno Cikal Bakal Kamboja

Kekaisaran Khmer, Peradaban Kuno Cikal Bakal Kamboja

Naviri Magazine - Pernah menjadi salah satu imperium paling kuat di Asia Tenggara, peradaban Khmer menyebar dari yang kini disebut Kamboja, keluar ke Laos, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Malaysia, dan terutama dikenal untuk Angkor, ibu kota provinsi.

Kekaisaran ini bertanggal kembali ke 802 CE. Selain prasasti batu, tidak ada catatan tertulis yang ditemukan, sehingga pengetahuan kita tentang peradaban ini berasal dari gabungan investigasi arkeologi, relief di dinding candi, dan laporan pihak luar termasuk Cina.

Masarakat Khmer mempraktikkan ajaran Hindu dan Budha, dan membangun candi yang rumit, menara dan struktur lainnya, termasuk Angkor Wat, yang didedikasikan untuk Dewa Wisnu.

Serangan dari luar, kematian akibat wabah, masalah pengelolaan air yang mempengaruhi tanaman padi, dan konflik atas kekuasaan di antara keluarga kerajaan, mungkin menyebabkan akhir kerajaan ini, yang akhirnya jatuh ke tangan orang Thailand pada tahun 1431 Masehi.

Baca juga: Peradaban Olmec, Masyarakat Pertama yang Mengenal Tulisan

Related

History 1124785636559185181

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item