Mengenal Kemeja Kasual untuk Pria, dan Cara Pemakaiannya

Mengenal Kemeja Kasual untuk Pria, dan Cara Pemakaiannya

Naviri Magazine - Kemeja merupakan salah satu pakaian yang cukup penting bagi pria. Kemeja lengan pendek maupun panjang pasti ada di setiap lemari pria. Peruntukannya pun berbeda-beda, ada yang untuk acara resmi dan ada yang sekadar hanya untuk jalan-jalan. Beberapa dari Anda mungkin sedikit bingung ketika harus membeli kemeja, dan inilah sekilas ulasan mengenai kemeja.

Kata ‘kemeja’ berasal dari bahasa Portugis, yaitu ‘camisa’, yang berarti ‘baju atau pakaian atas untuk pria’. Baju atasan ini menutupi tangan, bahu, dada, hingga perut. Secara umum, kemeja terbagi menjadi dua jenis, yaitu kemeja formal dan kemeja kasual.

Kemeja kasual/casual shirt

Apa pun warna dan motifnya, jika kemeja tersebut berlengan pendek, maka kemeja tersebut termasuk kemeja kasual. Kemeja lengan pendek didesain untuk dikenakan dengan leher tak dikancingkan, dan akan terlihat aneh ketika memakai dasi, kecuali pemakainya bekerja di restoran cepat saji.

Bahkan, di beberapa tips memakai pakaian untuk wawancara kerja, kemeja lengan pendek sangat tidak disarankan untuk dipakai.

Kemeja lengan panjang yang kasual pun tentu ada. Anda dapat melihatnya dari model dan motifnya. Kemeja lengan panjang yang formal juga dapat menjadi kasual, Anda tinggal menggulung lengannya, dan membuka dua atau tiga kancing atas kemeja Anda.

Memilih warna kemeja lengan pendek, sangat disarankan untuk menyesuaikan dengan warna kulit tubuh. Seperti halnya kemeja formal, pilihlah warna yang netral, seperti hitam, putih, biru dongker, dan abu-abu chambray, agar bisa masuk ke mana saja.

Memilih motif pada kemeja bagi sebagian pria barangkali agak membingungkan. Pilihlah motif yang aman seperti kotak-kotak kecil dan garis-garis, jika Anda merasa belum mantap dalam memilih motif. Seiring berjalannya waktu, kematangan dalam berpakaian, dan kepercayaan diri yang bertambah, akhirnya Anda akan tahu motif apa yang cocok dengan kepribadian dan tubuh Anda.

Untuk kenyamanan, pilihlah kemeja yang pas badan. Tidak kekecilan, dan tidak kedodoran. Jika kancing di dada terasa mau terlepas ketika Anda menggerakan lengan, artinya kemeja terlalu ketat. Detail juga cukup penting bagi penampilan. Kemeja lengan pendek dengan kancing kecil di ujung kerah, merupakan pilihan yang aman.

Baca juga: Tips Berbusana untuk Pemilik Tubuh Gemuk atau Besar

Related

Male 1622314684234379026
item