Kisah Pertama Kalinya Manusia Mengenal Kerajinan Tanah Liat

 Kisah Pertama Kalinya Manusia Mengenal Kerajinan Tanah Liat

Naviri Magazine - Sejak kapan kerajinan tanah liat dibuat? Dipercaya, tanah liat telah dijadikan bahan untuk membuat barang-barang kerajinan, semisal jambangan, sejak 15.000 tahun yang lalu. Hal itu dibuktikan dari adanya pecahan-pecahan jambangan tanah liat yang ditemukan berasal dari masa Neolitikum, lebih dari 10.000 tahun yang lalu.

Memasuki 5.000 tahun yang lalu, orang mulai mengetahui cara membuat jambangan tanah liat menjadi lebih kuat dan kedap air, yaitu dengan cara membakarnya. Orang segera menyadari bahwa sifat-sifat tanah liat akan segera berubah bila dibakar.

Sejak masa itu, penggunaan tanah liat pun meluas, dari membuat jambangan kecil menjadi bahan bangunan. Batu bata dan ubin yang dibuat dari tanah liat, di antaranya, adalah campuran yang pertama. Di Mesir, ada lukisan dinding berusia 5.000 tahun yang menggambarkan pekerja tanah liat sedang membuat batu bata dan aneka jambangan. 

Seiring bergantinya waktu, manusia semakin memahami tanah liat, dan barang yang mereka produksi pun semakin rumit. Beberapa barang tembikar berusia ribuan tahun yang ditemukan di Timur Jauh menunjukkan kualitas seni yang tinggi dalam produksinya. Kini, di zaman modern, kerajinan tanah liat masih menjadi industri besar di dunia.

Baca juga: Unik, Begini Cara Mencari Korban Penculikan Anak di Zaman Kuno

Related

History 1351939444840584202

Recent

item