Kisah Penemuan Vitamin yang Kini Sangat Bermanfaat Bagi Dunia

Kisah Penemuan Vitamin yang Kini Sangat Bermanfaat Bagi Dunia

Naviri Magazine - Meski keberadaan vitamin telah ada sejak zaman dulu, namun keberadaannya tidak diketahui. Adalah Dr. Casimir Funk, seorang ilmuwan Polandia kelahiran Amerika, yang membuktikan keberadaan vitamin tersebut dengan cara mengisolasi suatu senyawa yang telah dibuktikan bisa mencegah peradangan saraf (neuritis) untuk pertama kalinya. Peristiwa itu terjadi pada 20 Juni 1912.

Vitamin adalah senyawa organik amina berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme, yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh.

Dr. Casimir Funk pula yang pertama kali menyebut senyawa tersebut dengan istilah “vitamine”. Nama itu berasal dari gabungan kata bahasa Latin “vita” yang artinya “hidup” dan “amina” (amine).

Pemberian nama “amine” pada senyawa vitamin tersebut karena semula diduga jenis senyawa aktif itu memiliki gugus amine. Namun, hal tersebut kemudian disanggah, dan namanya pun diganti menjadi “vitamin” (tanpa huruf “e”).

Pada dasarnya, senyawa vitamin digunakan tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang secara normal.

Baca juga: Sejarah dan Asal Usul Kebiasaan Makan Tiga Kali Sehari

Related

Health 458431818040131136

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item