Legenda Gempa Bumi Dalam Kepercayaan Masyarakat Sunda

Legenda Gempa Bumi Dalam Kepercayaan Masyarakat Sunda

Naviri Magazine - Gempa bumi, atau dalam bahasa Sunda disebut lini atau lindu, diyakini oleh masyarakat Sunda disebabkan oleh sebuah batu yang ada di sebuah gunung. Konon, batu ini bisa bergerak, dan gerakannya itulah yang menyebabkan terjadinya gempa bumi.

Tapi meskipun begitu, batu ini tidak akan bergerak sembarangan, bila di muka bumi masih terdapat manusia.

Namun, pada saat tertentu, setan yang menyamar menjadi semut hitam mendatangi batu itu, untuk melaporkan bahwa di bumi sudah tidak ada manusia lagi. Dan jika sang batu merasa capek karena terus-menerus berdiam diri, maka dipersilakan untuk bergerak atau menggeliat, untuk sekadar melemaskan otot-otot yang kaku.

Karena laporan dari semut hitam itulah, sang batu pun akhirnya bergerak, dan terjadilah gempa bumi.

Manusia yang mendiami bumi pun kaget karena gempa bumi, dan mereka tahu ini pasti akibat laporan palsu dan hasutan setan yang menyamar menjadi semut hitam, bahwa bumi sudah tak lagi didiami manusia.

Maka, dengan panik, manusia-manusia itu kemudian berteriak-teriak untuk memberitahu bahwa bumi masih dihuni manusia, dengan harapan sang batu yang berada di atas gunung mendengar dan menghentikan gerakannya.

Baca juga: Armenian Genocide, Peristiwa Sejarah yang Dilupakan Dunia

Related

Mistery 8796453274325068901

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item