Kasus Medis yang Sangat Aneh, Lidah Wanita Ini Berambut!

Kasus Medis yang Sangat Aneh, Lidah Wanita Ini Berambut!

Naviri Magazine - Ada bagian-bagian tubuh kita yang ditumbuhi rambut, semisal kaki, ketiak, dan lain-lain. Tapi pernahkah kita mendengar orang yang lidahnya ditumbuhi rambut?

Seorang perempuan berusia 55 tahun dirawat di rumah sakit, setelah mengalami kecelakaan kendaraan bermotor. Dokter kemudian memberikan infus yang mengandung antibiotik, yang disebut minocycline, untuk mengurangi infeksi pada lukanya.

Setelah satu minggu pengobatan, perempuan tersebut mengeluh lidahnya menjadi gelap, dan ia merasa pusing serta merasa ada sesuatu yang tidak enak di mulutnya.

Ternyata rasa tak enak tersebut disebabkan adanya "rambut" yang tumbuh di lidahnya. Meski disebut rambut, warna hitam tersebut sebenarnya dikarenakan tonjolan-tonjolan kecil di lidah, yang disebut filiform papillae, yang menjadi gelap seperti rambut.

Kondisi seperti ini memang mungkin terjadi pada pasien yang sedang menggunakan antibiotik atau antipsikotik. Meski begitu, kondisi yang disebut black hairy tongue (BHT) atau lingua villosa nigra ini sangat langka terjadi.

Warna hitam pada papillae lidah muncul karena ukuran papillae yang membengkak. Karena itu, sisa makanan pun tersangkut di lidah, dan memungkinkan bakteri dan mikroba berkumpul hingga membuat lidah menjadi hitam.

Kondisi serupa juga bisa terjadi pada perokok dan orang yang tidak menjaga kebersihan serta kesehatan mulutnya.

Baca juga: Kisah Orang yang Mengoperasi Dirinya Sendiri Beberapa Kali

Related

World's Fact 4287543720303737415

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item