Mansa Musa, Lelaki Muslim Paling Kaya-Raya Sepanjang Masa

Mansa Musa, Lelaki Muslim Paling Kaya-Raya Sepanjang Masa

Naviri Magazine - Jika ditanya siapa orang paling kaya sepanjang masa, kira-kira siapa yang akan muncul dalam benak kita? Pemimpin perusahaan teknologi raksasa Microsoft, Bill Gates, atau pialang ulung Warren Buffet? Jawabannya: bukan. Sebab, situs celebritynetworth menjatuhkan pilihan ke Raja Mali, Afrika, Mansa Musa I.

Situs itu menghitung kekayaan berdasarkan inflasi. Seperti jika US$ 100 juta pada 1913 akan berharga senilai US$ 2.299,63 miliar pada 2012. Jadi ada inflasi sebanyak 2.199,6 persen selama hampir seabad. Berdasarkan temuan mereka, semua orang kaya dunia adalah lelaki, dan Bill Gates adalah satu-satunya tokoh yang masih hidup hingga saat ini.

Mansa Musa I memiliki kekayaan bersih sekitar US$ 400 miliar (Rp 3,8 biliun). Mansa dalam bahasa Afrika adalah Raja. Di bawah kepemimpinannya, Mali sangat makmur, karena memiliki tambang emas, dan menguasai rute trans-Sahara. Ia berkuasa pada 1312.

Berbeda dengan Raja Mali sebelumnya, situs homestead.com menuliskan bahwa Musa adalah seorang muslim. Padahal, mayoritas rakyatnya justru non-muslim. Tapi ia mendukung semua agama untuk berkembang seperti halnya Islam. Perjalanan hajinya adalah salah satu yang paling dikenang dunia, khususnya Mesir.

Sebab pada musim haji 1324, Musa melewati Ibu Kota Mesir, Kairo. Raja Mali ini tak sekadar lewat, melainkan juga membagikan emas, sehingga warga Kairo sangat gembira. Tapi akibatnya, ia justru menyebabkan inflasi, dengan menjatuhkan nilai emas dan menaikkan harga barang.

Untuk mengatasi gejolak ini, Musa kemudian meminjam kembali semua emas yang dia bagikan di Kairo, dengan imbalan yang tinggi. Ini adalah kali pertama tercatat dalam sejarah, seorang pria bisa mengendalikan harga emas di seluruh Mediterania.

Di bawah Musa, ada keluarga Rothschild, keluarga yang berasal dari Khazaria, suatu daerah antara Laut Hitam dan Teluk Kaspia. Saat ini, Khazaria berada di bawah kekuasaan Georgia.

Pada 1815, keturunan keluarga ini menunjukkan kekuatannya dari perbankan Inggris. Melalui lima bank mereka di Inggris, keluarga ini berhasil mengendalikan bank sentral Inggris dalam metode pengiriman emas. Hingga akhir abad 19, diperkirakan keluarga Rothschild mengendalikan separuh kekayaan dunia.

Baca juga: Genghis Khan, Pemimpin Mongolia dan Pria Paling Kaya Sedunia

Related

History 4560672540261122338

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item