Membandingkan Kasus Prostitusi Vanessa Angel dan Nikita Mirzani

Membandingkan Kasus Prostitusi Vanessa Angel dan Nikita Mirzani

Naviri Magazine - Kasus prostitusi artis di Indonesia dianggap mencoreng dunia keartisan secara umum. Hanya karena segelintir artis yang dianggap terlibat prostitusi, artis-artis lain yang “bersih” jadi kena getahnya, karena masyarakat luas bisa saja berasumsi mereka sama-sama terlibat dalam hal yang sama.

Sayangnya, kasus prostitusi artis di Indonesia sepertinya agak mengkhawatirkan, dan kali ini kembali mengemuka. Hal itu lantaran Vanessa Angel yang diamankan oleh Subdit V Cybercrime Ditreskrimsus Polda Jawa Timur, di salah satu hotel di Surabaya pada Sabtu (5/1).

Soal prostitusi online yang melibatkan artis, sebenarnya bukanlah hal baru. Publik pernah dihebohkan dengan persoalan serupa pada tahun 2015. Beberapa artis ditangkap oleh polisi, salah satunya ialah Nikita Mirzani. Berikut ulasannya.

Kasus

Nikita Mirzani sempat diamankan oleh pihak kepolisian di sebuah hotel yang terletak di MH Thamrin, Jakarta Pusat, pada Desember 2015. Saat itu, Kasubdit III Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Kombes Umar Fana, menyebutkan penangkapan Nikita merupakan upaya membongkar kasus prostitusi online di kalangan artis.

Para petugas kepolisian awalnya menyamar sebagai konsumen bisnis esek-esek itu. Pertemuan berlangsung pada 10 Desember 2015. Niki tak sendirian, tapi bersama rekannya sesama artis. Keduanya ditangkap dalam keadaan tak berbusana.

Niki menjalani pemeriksaan kurang lebih 10 jam di Bareskrim Polri. Ponsel miliknya sempat diperiksa oleh polisi. Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan barang bukti yang membuatnya bersalah.

“Polisi tuh alhamdulillah enggak ketemu sedikit pun barang bukti kayak chat sama muncikari atau deal-deal-an harga tuh, bersih,” kata Nikita.

Sementara itu, Vanessa Angel diciduk oleh pihak kepolisian Polda Jatim di sebuah hotel di Surabaya. Mereka melakukan penggerebekan usai mendapat informasi ada transaksi esek-esek di hotel itu.

Polisi mengungkap nama pengguna jasa prostitusi artis Vanessa bernama Rian, pengusaha tambang pasir asal Jakarta. "Usianya 45, masih bujangan, pengakuannya," kata Kasubdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur, AKBP Harissandi, di Mapolda Jawa Timur, Senin (7/1).

Dari pengakuan Rian, lanjut Harissandi, baru kali ini ia mencoba jasa prostitusi artis. "Dia sering mondar-mandir Jakarta-Surabaya. KTP-nya Jakarta Pusat. Dia sih ngakunya baru pertama kali ini nyoba prostitusi artis," jelasnya.

Harissandi juga mengungkapkan alasan Rian memilih Vanessa sebagai teman kencannya. Rian sudah merasa cocok dengan Vanessa dibanding artis lain yang ditawarkan kepadanya.

"Ya karena dia merasa lebih cocok dengan VA dari puluhan perempuan yang ditawarkan muncikari," papar Haris.

Status Vanessa dalam kasus tersebut adalah sebagai saksi sekaligus korban. Karena itu, ia dipulangkan ke Jakarta. Kendati demikian, Vanessa tetap wajib melapor ke Polda Jatim.

Tarif

Tarif untuk menggunakan jasa para artis ini tidak murah. Kocek yang harus dikeluarkan mencapai puluhan juta. Nikita Mirzani, misalnya. Umar Fana menjelaskan perempuan berusia 32 tahun itu memasang tarif sebesar Rp 65 juta.

Sementara tarif sekali kencan dengan Vanessa Angel sebesar Rp 80 juta. Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan, menuturkan harga setiap artis berbeda, tergantung tingkat kepopulerannya. “Ada Rp 100 juta, Rp 80 juta, dan paling kecil Rp 25 juta,” imbuh Luki.

Karier

Awalnya Nikita menapaki dunia hiburan Tanah Air bukan menjadi pemain film, tetapi salah satu peserta ajang pencarian jodoh, yaitu ‘Take Me Out Indonesia’ pada 2010 lalu.

Dinilai memiliki daya tarik, sebuah agensi majalah pria dewasa mengajaknya untuk menjadi model sampulnya. Setelah itu, tawaran menjadi model majalah pria dewasa kerap berdatangan kepada dirinya. Sejak saat itulah, image seksi dalam diri Nikita melekat hingga saat ini.

Kemudian, Nikita terlibat dalam sebuah film layar lebar berjudul 'Lihat Boleh Pegang Jangan', yang menjadi awal kariernya berkecimpung di dunia seni peran. Setelah itu ia terlibat di dalam beberapa film, mulai dari ‘Nenek Gayung’ hingga ‘Jakarta Undercover’.

Vanessa memulai kariernya di dunia hiburan Tanah Air sebagai model majalah remaja. Namanya kian dikenal publik ketika ia bermain dalam sinetron berjudul 'Cinta Intan'.

Sejak awal karier hingga saat ini, dia sudah membintangi beberapa sinetron, seperti 'Layla Majnun', 'Heart Series 2', '3 Semprul Mengejar Surga', dan 'Nadin'. Selanjutnya, ia lebih sering bermain dalam FTV. Lebih dari 20 FTV yang telah ia bintangi hingga kini.

Asmara

Sebelum namanya dikenal masyarakat sebagai seorang public figure, Nikita rupanya telah memiliki seorang suami. Pria yang pernah menikahinya pada 2006 silam, hingga kini belum diketahui identitasnya. Dari pernikahan itu, ia menghasilkan buah cinta pertama yang diberi nama Laura Meizani Nasseru Asry. Niki bercerai dengan pria tersebut pada 2007.

Kegagalan rumah tangga tidak membuat Nikita trauma untuk kembali melangkah ke jenjang pernikahan. Ia kemudian menikah dengan Sajad Ukra, pria asal Selandia Baru yang 10 tahun lebih tua darinya, pada 11 Oktober 2013. Nikita melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Azka Raqila Ukra, pada tahun 2014.

Baru menjalani masa pernikahan selama dua bulan, Nikita mengajukan gugatan cerai terhadap suaminya di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Namun, pada Januari 2014, Nikita mencabut kembali gugatannya tersebut.

Pada April 2014, Nikita mengugat cerai kembali terhadap suaminya di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Kemudian, Niki dan Sajad Ukra resmi becerai pada 16 Februari 2015.

Setelahnya, Nikita kembali membangun bahtera rumah tangga dengan seorang pengusaha bernama Dipo Latief. Nikita menikah siri dengan Dipo pada 18 Februari 2018 lalu.

Namun, Nikita lewat kuasa hukumnya mendaftarkan proses isbat nikah dan gugatan cerai di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, pada 16 Juli. Sempat mencabut gugatan, Nikita kembali memasukkan gugatannya.

Dalam gugatan yang kedua, Nikita memasukkan beberapa poin. Salah satunya tentang pertanggungjawaban seorang ayah terhadap anak. Seperti diketahui, saat ini Nikita tengah mengandung.

Sementara Vanessa saat ini tengah menjalin kasih dengan seorang pria, yang bekerja di bidang tekstil dan konveksi bernama Bibi Andriansyah. Vanessa sudah memiliki niatan untuk menjalin hubungan serius dengan Bibi.

Perkenalan keduanya terjadi di Pulau Dewata, Bali. Awalnya, Vanessa justru dekat dengan sahabat sang kekasih.

Sebelum bersama Bibi, Vanessa menjalin kasih dengan seorang polisi bernama Lingga Ersan. Namun, hubungan keduanya harus kandas di tengah jalan. Ia juga sempat berpacaran dengan Marcelo Ivano, pria blasteran Jerman, Belanda, dan Jawa.

Tak hanya itu, Vanessa juga sempat menjalin kasih dengan Didi Mahardhika Soekarno. Namun, setelah menggelar acara pertunangan pada 5 November 2016, Vanessa dan Didi berpisah.

Padahal berkas-berkas pernikahan mereka telah di daftarkan ke KUA Mampang, Jakarta Selatan. Tak hanya mendaftarkan urusan pernikahan mereka, Vanessa Angel juga sudah menggelar bridal shower dengan tema India bersama para sahabatnya. Saat itu, ia mengaku persiapan pernikahan sudah hampir selesai.

Baca juga: Dipecat, Henry Cavill Tidak Lagi Memerankan Superman

Related

News 150995007517990528
item