Mengenal Bakteri, Kelompok Organisme Hidup yang Sangat Kecil

Mengenal Bakteri, Kelompok Organisme Hidup yang Sangat Kecil

Naviri Magazine - Bakteri adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel. Istilah bakteri berasal dari bahasa Latin, yaitu “bacterium”, atau “bacteria” jika jamak (lebih dari satu).

Organisme ini termasuk dalam domain prokariota dan berukuran sangat kecil (mikroskopik), serta memiliki peran besar dalam kehidupan di Bumi. Beberapa kelompok bakteri dikenal sebagai agen penyebab infeksi dan penyakit, sedang kelompok lainnya dapat memberikan manfaat di bidang pangan, pengobatan, dan industri.

Struktur sel bakteri relatif sederhana: tanpa nukleus/inti sel, kerangka sel, dan organel-organel lain seperti mitokondria dan kloroplas.

Bakteri dapat ditemukan di hampir semua tempat; di tanah, air, udara, dalam simbiosis dengan organisme lain maupun sebagai agen parasit (patogen), bahkan dalam tubuh manusia. Umumnya, bakteri berukuran 0,5-5 µm, namun ada bakteri tertentu yang dapat berdiameter hingga 700 µm, yaitu Thiomargarita.

Mereka umumnya memiliki dinding sel, seperti sel tumbuhan dan jamur, namun dengan bahan pembentuk sangat berbeda (peptidoglikan). Beberapa jenis bakteri bersifat motil (mampu bergerak), dan mobilitasnya tersebut disebabkan oleh flagel.

Baca juga: Histologi, dan Cara Ilmuwan Mempelajari Jaringan Makhluk Hidup

Related

Science 7480082618245766608

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item