Mesopotamia, Tempat Lahirnya Peradaban Pertama Manusia

Mesopotamia, Tempat Lahirnya Peradaban Pertama Manusia

Naviri Magazine - Mesopotamia dijuluki sebagai tempat lahirnya peradaban, karena di sana banyak lahir peradaban kuno, seperti Sumeria, Babilonia, dan Assyria.

Mesopotamia berdiri pada tahun 5000 Sebelum Masehi. Nama “Mesopotamia” berarti “tanah di antara dua sungai”. Kedua sungai yang mengapit Mesopotamia adalah sungai Tigris dan sungai Eufrat, sedang penghuni pertama tempat itu adalah bangsa Sumeria. Pada saat ini, wilayah tersebut dikenal sebagai Irak.

Pada 5000 tahun Sebelum Masehi, bangsa Sumeria bertani dan mengairi lahan mereka dengan air dari sungai Eufrat, dan tinggal di dalam rumah batu yang dibangun dengan lekatan lumpur. Mereka juga menemukan sistem penulisan pertama (cuneiform), yang dibuat dengan membentuk dan menggoreskan tanda di atas lembaran tanah liat.

Sumeria juga menjadi bangsa pertama yang mengembangkan sistem pemerintahan dan hukum terperinci, selain menemukan ilmu hitung dan astronomi, sehingga mereka bisa menentukan jumlah pajak dan membuat kalender.

Baca juga: Kisah Dinasti Saudeleur dan Masyarakat yang Hilang Misterius 

Related

History 6171260086812208926

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item