Misteri Antikythera, Alat Super Canggih dari Zaman Purba

Misteri Antikythera, Alat Super Canggih dari Zaman Purba

Naviri Magazine - Mekanisme Antikythera adalah sebuah kalkulator mekanik yang diyakini sebagai salah satu cikal bakal komputer mekanik di dunia. Alat ini ditemukan (bukan diciptakan) oleh arkeolog Valerios Stais pada tahun 1901, di sebuah kapal karam di lepas pantai Antikythera, sebuah pulau di antara Kreta dan Peloponnesos, Yunani.

Alat ini ditelusuri umur penggunaannya melalui temuan koin yang juga terdapat di bangkai kapal tersebut. Ada koin dari Pergamon, diprediksi diciptakan antara 86 dan 67 SM, dan koin dari Efesus, diciptakan antara 70 SM dan 60 SM. Ini berarti kapal tenggelam antara 70 dan 60 SM.

Perangkat ini adalah perangkat paling kompleks yang dikenal di zaman purbakala. Baru pada abad ke-14 manusia memiliki pengetahuan untuk membangun perangkat serupa.

Alat ini terdiri dari serangkaian roda gigi yang bekerja serangkai seperti yang terdapat pada jam mekanik. Ada tiga tombol besar dan satu tombol kecil yang juga melengkapi alat ini.

Melalui model matematika, diketahui bahwa alat tersebut dapat digunakan untuk mengkalkulasi posisi matahari, bulan, dan mungkin beberapa planet. Hal ini memungkinkan penggunaan perangkat sebagai kalender. Fungsinya sebagai kalender dapat digunakan untuk tujuan seperti berikut:
  • Sebagai kalender surya untuk penentuan hari dan bulan, seperti penggunaan zodiak pada masyarakat Babilonia.
  • Sebagai kalender suryacandra untuk penentuan bulan.
  • Sebagai penentuan kapan gerhana matahari dan bulan terjadi secara berkala.
  • Sebagai penentuan tahun-tahun digelarnya pesta olahraga antar masyarakat Yunani (kini dikenal sebagai Olimpiade).

Baca juga: Misteri Penemuan Teknologi Zaman Kuno yang Belum Terpecahkan

Related

Science 4379087011011805298
item