Misteri El Dorado, Harta Karun Paling Membingungkan di Dunia

Misteri El Dorado, Harta Karun Paling Membingungkan di Dunia

Naviri Magazine - Legenda El Dorado memancing rasa penasaran. Sejumlah penelitian sejarah atau penelitian pribadi dilakukan untuk mengungkap misteri yang meliputinya. Bayangan tentang emas dan permata berharga yang terkubur di suatu tempat di pedalaman Amerika Selatan itu tetap hangat dibicarakan.

Satu-satunya pijakan untuk mengungkap rahasia besar itu adalah legenda yang tersiar sejak lima ratus tahun lalu. Tentang suku Chibcha, sub suku Indian Amerika Selatan yang memuja Dewa Matahari. Mitologi kuno mereka, yang dilansir orang-orang Spanyol, menyebutkan bahwa pemujaan ini berkaitan dengan sejumlah persembahan harta berharga, seperti emas dan batu permata.

Chibcha adalah nama suku yang mendiami dataran tinggi di wilayah gugus pegunungan Andes, teritori Columbia. Dalam sebuah catatan tentang mitologi suku ini, disebutkan bahwa El Dorado merupakan lambang dari sebuah energi besar yang mengandung kekuatan Chiminigagua, sebuah kekuatan penciptaan semesta.

Namun, kemudian El Dorado digunakan secara metaforis untuk merujuk pada tempat benda berharga bisa ditemukan. Karena itu, nama El Dorado bisa ditemukan di dalam peta Amerika, terutama sebuah tempat di California dan beberapa tempat lain.

El Dorado juga digunakan untuk merujuk pada pengertian cinta, surgawi, kebahagiaan, atau kesuksesan. Bisa juga dipakai untuk menyatakan suatu harapan yang tidak terwujud atau ilusi yang tak nyata. Pemaknaan ini berkaitan dengan banyak upaya menguak misteri emas di balik El Dorado.

Sir Walter Raleight pernah menduga El Dorado sebagai kota di tepian Danau Parima, tak jauh dari Orinoco, Guyana (sekarang Venezuela). Dan beberapa penjelajah yang putus asa pernah berencana mengeringkan Danau Guatavita, yang diduga menjadi kuburan harta karun suku Chibcha.

Karena di tepian danau di wilayah Sesquile, Provinsi Almeidas itu pernah ditemukan sejumput hiasan emas dan batu zamrud. Namun upaya itu tak pernah diwujudkan… apakah harta karun itu terkubur di bawah lumpur danau?

Baca juga: Misteri Kerajaan Romawi Kuno yang Dibangun Dalam Semalam

Related

Mistery 8828136094274342834

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item