Misteri Lenyapnya 12 Peradaban Kuno dari Muka Bumi

Misteri Lenyapnya 12 Peradaban Kuno dari Muka Bumi

Naviri Magazine - Jauh di masa lalu, pernah ada peradaban-peradaban tinggi yang dianggap telah sampai di puncak kejayaan zaman kuno. Mereka mengembangkan pertanian, perdagangan, hingga membangun istana, monumen, dan mercusuar. Mereka bahkan menjadi masyarakat awal yang mengenal tulisan, alfabet, dan berbagai aturan yang kini dikenal manusia modern.

Peradaban-peradaban itu pernah eksis di masa lalu, tapi kemudian hilang, lenyap dari muka bumi. Para ilmuwan masih bertanya-tanya, dan terus meneliti, ke mana orang-orang dari berbagai peradaban tersebut, namun sampai kini masih misterius. Berikut ini 12 peradaban kuno yang hilang tanpa bekas.

Indus Valley Civilization, Pakistan

Rumah bagi salah satu keajaiban terbesar arsitektur dunia kuno, peradaban Lembah Indus (dikenal pada puncak pengaruhnya sebagai Peradaban Harappa) merupakan salah satu permukiman urban awal terbesar di benua mana pun.

Terletak di daerah yang saat ini disebut Pakistan, Peradaban Lembah Indus berkembang 4.500 tahun yang lalu, dan kemudian dilupakan, kecuali untuk legenda lokal sampai reruntuhannya digali pada tahun 1920.

Kekaisaran Khmer, Kamboja

Pernah menjadi salah satu imperium paling kuat di Asia Tenggara, peradaban Khmer menyebar dari yang kini disebut Kamboja, keluar ke Laos, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Malaysia, dan terutama dikenal untuk Angkor, ibu kota provinsi.

Kekaisaran ini bertanggal kembali ke 802 CE. Selain prasasti batu, tidak ada catatan tertulis yang ditemukan, sehingga pengetahuan kita tentang peradaban ini berasal dari gabungan investigasi arkeologi, relief di dinding candi, dan laporan pihak luar termasuk Cina.

Serangan dari luar, kematian akibat wabah, masalah pengelolaan air yang mempengaruhi tanaman padi, dan konflik atas kekuasaan di antara keluarga kerajaan, mungkin menyebabkan akhir kerajaan ini, yang akhirnya jatuh ke tangan orang Thailand pada tahun 1431 Masehi.

Anasazi, New Mexico, Amerika Serikat 

‘Anasazi’ adalah nama modern untuk rakyat Pueblo kuno, yang mendiami wilayah ‘Four Corners’, daerah Amerika Serikat barat daya, di persimpangan negara bagian Utah, Arizona, New Mexico, dan Colorado.

Peradaban mereka muncul sekitar abad 12 SM, dan terkenal dengan struktur batu dan bata, yang dibangun di sepanjang dinding tebing, termasuk Cliff Palace di Mesa Verde National Park, White House Ruins, dan Pueblo Bonito di tepi utara Chaco Canyon.

Peradaban Olmec, Meksiko

Di tempat yang sekarang disebut Veracruz dan Tabasco, dataran rendah tropis di selatan dan tengah Meksiko, pernah menjadi peradaban Pra-Columbus besar yang membangun patung ‘Kepala Kolosal’ yang luar biasa, mempraktikkan pertumpahan darah dan pengorbanan manusia, menemukan konsep angka nol, dan pada dasarnya meletakkan dasar untuk setiap kebudayaan Mesoamerika selanjutnya.

Peradaban Olmec bahkan mungkin telah menjadi peradaban pertama di belahan bumi Barat yang mengembangkan sistem tulisan, dan mungkin telah menemukan kompas dan kalender Mesoamerika.

Kekaisaran Aksumite, Ethiopia 

Peserta utama dalam perdagangan dengan Kekaisaran Romawi dan India Kuno, Kerajaan Aksumite – juga dikenal sebagai Kerajaan Aksum atau Axum – menguasai timur laut Afrika termasuk Ethiopia, mulai pada abad ke-4 SM.

Banyak teori yang mengatakan bahwa kerajaan inilah yang pernah dipimpin oleh Ratu Sheba. Kekaisaran Aksumite kemungkinan merupakan perkembangan pribumi Afrika yang tumbuh mencakup sebagian besar Eritrea, Ethiopia utara, Yaman, Arab Saudi selatan dan utara Sudan.

Kekaisaran ini memiliki alfabet sendiri, dan mendirikan obelisk besar, termasuk Obelisk Axum, yang masih berdiri. Ini adalah kekaisaran besar pertama yang masuk Kristen.

Runtuhnya kekaisaran Axum dinisbahkan pada berbagai isolasi ekonomi akibat perluasan kekaisaran Islam, invasi, atau perubahan iklim yang mengubah pola banjir sungai Nil.

Bangsa Minoa, Crete 

Dinamakan dengan nama seorang raja dalam mitos, Minos, peradaban Minoan Crete tidak ditemukan kembali sampai awal abad ke-20, tapi sejak itu kita telah menemukan potongan puzzle menarik dari peradaban kuno yang mulai berkembang lebih dari 7.000 tahun yang lalu, yang mencapai kejayaannya sekitar 1600 SM.

Menjadi pusat perdagangan sekitar 2700 SM, dan sebagai peradaban maju, kompleks istana yang lebih besar dan lebih besar lagi dibangun dan dibangun kembali setelah berbagai bencana alam – gempa bumi dan letusan gunung berapi Thera.

Cucuteni-Trypillians, Ukraina & Rumania 

Pemukiman Neolitik terbesar di Eropa dibangun oleh Cucuteni-Trypillians yang masa kini bernama Ukraina, Rumania, dan Moldova. Peradaban misterius ini berkembang antara 5500 SM dan 2750 SM.

Sekitar 3.000 situs arkeologi Cucuteni-Trypillian telah diidentifikasi, termasuk apa yang mungkin menjadi pabrik garam tertua di dunia.

Seperti banyak peradaban lain, Cucuteni-Trypillians mungkin telah hancur oleh perubahan iklim, namun teori lain menyatakan bahwa mereka secara bertahap bercampur dengan kelompok lain, sampai budaya mereka sendiri hilang.

Nabatean, Yordania 

Peradaban kuno Nabatean menguasai selatan Yordania, Kanaan, dan utara Saudi. Dimulai pada abad ke-6 SM, ketika Nabatean nomaden yang berbahasa Aramaik mulai secara bertahap bermigrasi dari Saudi.

Warisan mereka yang dicontohkan oleh kota menakjubkan, Petra, diukir ke dalam batu batu pasir solid di pegunungan Jordan, dan mereka dikenang karena keterampilan dalam rekayasa air, mengelola sistem bendungan yang kompleks, kanal-kanal dan waduk, yang membantu mereka memperluas dan berkembang dengan baik di wilayah gurun gersang.

Cahokia, Illinois, Amerika Serikat 

Beberapa orang Amerika menyadari bahwa mereka memiliki sisa-sisa peradaban kuno yang hilang. Di Illinois, di seberang Sungai Mississippi dari St Louis, Missouri.

Situs sejarah Cahokia Mounds adalah semua yang tersisa dari peradaban asli dari budaya Mississippi, yang dibangun sekitar 600 Masehi. Penduduk Cahokia tampaknya tidak menyimpan catatan tertulis.

Peradaban Mycenaean, Yunani 

Berbeda dengan Minoans, Mycenae tidak berkembang dengan perdagangan – mereka berkembang dengan menaklukkan, dan menjadi sebuah kekaisaran yang menguasai seluruh Yunani.

Mencapai puncaknya sekitar waktu Minoans menghilang, peradaban Mycenaean menikmati lima abad dominasi sebelum menghilang sekitar tahun 1100 SM. Legenda Hellenic menyatakan bahwa Mycenae yang mengalahkan kerajaan Troy, dan artefak kekaisarannya telah ditemukan sejauh Irlandia.

Bahkan, peradaban yang kaya akan budaya dan ekonomi ini telah meninggalkan kekayaan seni, arsitektur, dan artefak. Apa yang terjadi dengan Mycenae? Mungkin bencana alam. Tetapi, kebanyakan ahli percaya, penyerbuan asing atau konflik internal yang membawa akhir kerajaan pernah jaya ini.

Peradaban Moche, Peru 

Lebih mirip seperti kumpulan orang yang berbagi budaya yang sama daripada sebuah kerajaan, peradaban Moche mengembangkan masyarakat berbasis pertanian, lengkap dengan istana, piramida, dan saluran irigasi yang kompleks, di pantai utara Peru, antara sekitar abad 1 dan 8 Masehi.

Sementara mereka tidak memiliki bahasa tertulis yang dominan, meninggalkan hanya sedikit petunjuk untuk sejarah mereka. Mereka adalah orang yang sangat artistik dan ekspresif, yang membuat tembikar dengan sangat rinci dan arsitektur monumental.

Peradaban Clovis, Amerika Utara 

Sangat sedikit yang diketahui tentang peradaban Clovis, sebuah masarakat Paleo-Indian prasejarah yang diduga sebagai penduduk pertama Amerika Utara.

Para arkeolog telah menentukan usia artefak yang ditemukan di sebuah situs arkeologi dekat Clovis, New Mexico, pada 11.500 RCYBP (radiocarbon years before present), sama dengan sekitar 13.500 tahun, tetapi tanggal kembali di luar 10.000 tahun dianggap tidak dapat diandalkan.

Artefak, tulang, dan pisau batu, yang dikenal sebagai poin Clovis, adalah di antara petunjuk yang kita miliki, bahwa kelompok (secara teknis bukan peradaban) pernah ada.

Baca juga: Sejarah dan Misteri Tembok Besar China, Salah Satu Keajaiban Dunia

Related

Mistery 4295306414927436595

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item