Mona Iguana, Makhluk Berwujud Aneh Keturunan Hewan Purba

Mona Iguana, Makhluk Berwujud Aneh Keturunan Hewan Purba

Naviri Magazine - Di pulau kecil Kariben, hidup satu jenis kadal besar. Melihat rupanya, timbul dugaan bahwa kita sedang berhadapan dengan satu makhluk mistik dalam lukisan Mesir kuno. Kadal ini dinamai Mona Iguana, sesuai nama tempat asalnya, yakni Pulau Mona. Pulau Mona terletak di antara Puerto Rico dan Republik Dominika.

Kaki kadal Mona Iguana pendek dan gemuk, begitu pula ekornya sangat pendek. Tubuhnya besar berkeriput. Kepalanya besar, ditutupi oleh benjolan-benjolan besar. Sebuah cula yang bertengger di moncongnya, membuatnya tampak buas dan garang.

Walaupun makhluk ini tampak buas, ia sebenarnya tidak berbahaya bagi manusia ataupun bagi binatang lainnya. Mona Iguana adalah pemakan tumbuh-tumbuhan. Salah satu makanan kesukaannya ialah buah manchineel. Buah itu dapat mengakibatkan penyakit mendadak, bahkan kematian bagi manusia yang memakannya. Mona Iguana tidak harus makan setiap hari.

Sekitar 95 persen dari waktu siangnya, Mona Iguana beristirahat di dalam tanah. Berada di dalam tanah melindungi kadal ini dari pertarungan dengan musuh, memelihara kestabilan suhu tubuhnya, menghemat cairan dalam tubuh, dan menghemat tenaga.

Baca juga: Kelelawar Tak Pernah Tersesat Meski Dalam Ruangan Gelap

Related

Science 8786013725262184948

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item