Nautilus, Hewan Purba Berusia 500 Juta Tahun yang Masih Hidup

Nautilus, Hewan Purba Berusia 500 Juta Tahun yang Masih Hidup

Naviri Magazine - Nautilus disebut juga living fossil atau fosil hidup, karena banyak arkeolog yang menemukan fosil hewan ini di bebatuan. Nama ‘nautilus’ berasal dari bahasa Yunani, yang artinya ‘pelaut’.

Sepintas, bentuknya mirip siput, karena memiliki cangkang. Tapi nautilus bukan termasuk jenis keluarga siput. Nautilus termasuk keluarga chelapoloda, atau satu kelompok dengan cumi-cumi dan gurita. Bisa dibilang, nautilis ini satu-satu nya jenis cumi-cumi yang punya cangkang.

Yang unik dari nautilus adalah caranya menyelam. Cumi bercangkang ini menyelam dengan cara memasukkan air ke rongga-rongga badannya. Dalam cangkangnya, hewan ini memiliki 28 rongga yang saling berhubungan.

Saat akan menyelam, nautilus mengisinya dengan air. Demikian juga sebaliknya, sewaktu mau mengapung atau naik kepermukaan, nautilus mengeluarkan cairan dari dalam rongga-rongganya dan menggantinya dengan gas. Cara ini sama persis dengan teknologi yang diaplikasikan pada kapal selam.

Baca juga: Wrasse, Ikan Unik yang Mampu Berganti-ganti Kelamin

Related

Science 3682339010355808665

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item