Panduan Menghemat Pengeluaran dan Meraih Target Keuangan

Panduan Menghemat Pengeluaran dan Meraih Target Keuangan

Naviri Magazine - Saat pergantian tahun, orang biasanya bikin resolusi. Dalam hal itu, sering kali masalah keuangan masuk menjadi bagian resolusi. Misal ingin menabung lebih banyak, atau ingin berinvestasi sehingga menghasilkan keuntungan, dan lain-lain.

Meraih target keuangan yang telah Anda susun dalam resolusi membutuhkan perjuangan dan konsistensi. Perlu usaha untuk berhasil, sebab mencapai target bukan seperti mendapatkan undian yang hanya bermodal keberuntungan.

Perencana keuangan, Chris Banter, menyebut meraih target keuangan bukanlah langkah yang sulit. Anda hanya perlu memulai dari langkah dan kebiasaan kecil dan konsisten dengannya.

Kebiasaan kecil apa saja yang bisa membuat Anda menang dalam menyusun keuangan tersebut? Berikut beberapa di antaranya, yang bisa Anda coba:

Berhenti menghemat hal kecil, padahal tetap boros

Seringkali, Anda merasa bangga karena berhasil menghemat pengeluaran kecil, jumlahnya mungkin hanya ribuan atau puluhan ribu rupiah. Namun sebenarnya Anda tidak menghemat. Anda justru boros karena harus mengeluarkan uang kembali untuk hal lain.

Hal ini juga berlaku di beberapa hal lain. Anda misalnya merasa menghemat karena menyewa rumah yang lebih dekat dengan kantor. Anda merasa menghemat biaya transportasi.

Nyatanya, Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak selama sebulan karena lokasi rumah baru tersebut dekat dengan pusat perbelanjaan. Anda kemudian menjadi pengunjung tetap pusat perbelanjaan tersebut setiap pulang kerja.

Menunggu ketika hendak membeli barang mahal

Sifat impulsif akan menjadi masalah dalam hidup. Ketika melihat sesuatu yang menarik, Anda tentu ingin langsung membeli dan memilikinya. Bila barang tersebut adalah sesuatu yang Anda inginkan sejak lama, Anda menjadi pribadi yang tidak rasional.

Jadi, bagaimana seharusnya? Ambil langkah mundur sejenak kapanpun Anda merasa akan membuat keputusan besar terkait keuangan. Buat skala waktu. Ketika Anda akan membeli mobil baru misalnya. Tentukan waktu sampai dua hari untuk memikirkan ulang segalanya. Dengan begitu, Anda akan lebih bijak dalam mengelola keuangan.

Hidup lebih cerdas

Merayakan sesuatu untuk pencapaian baru di bidang karier? Ingin memberi penghargaan kepada diri sendiri dengan membeli barang mewah?

Pikirkan kembali keputusan-keputusan tersebut sebelum benar-benar melakukannya. Jangan hanya karena mendapatkan uang lebih banyak, Anda bebas untuk belanja lebih banyak. Menabung dan investasilah lebih banyak.

Hidup dengan lebih cerdas dari hari ke hari. Langkah itulah yang termudah dan tercepat untuk dapat meraih ambisi meraih target-target.

Belanja cerdas

Bagaimana kiat belanja cerdas bulanan? Langkah pertama adalah dengan membuat perencanaan belanja. Jangan pernah pergi belanja tanpa daftar belanja. Buat daftar yang jelas apa saja yang Anda butuhkan dan apa yang dibeli.

Dengan begitu, Anda tidak akan meraba-raba kebutuhan. Anda juga bisa merencanakan dengan jelas berapa pengeluarannya. Bila memungkinkan, Anda juga dapat melakukan perbandingan harga. Di mana Anda dapat membeli susu atau deterjen yang lebih murah?

Sebelum pergi belanja, Anda juga harus kenyang. Jangan belanja saat lapar, karena akan membuat semakin impulsif. Secara tidak sadar, Anda akan membeli lebih banyak.

Berhenti menjadi anggota di pusat kebugaran

Cari alternatif untuk berolahraga tanpa harus membayar. Biaya bulanan di pusat kebugaran relatif mahal, dan bisa Anda alihkan sebagai bagian dari investasi.

Tetap butuh olahraga? Anda bisa mencoba olahraga lain seperti berenang atau lari, yang relatif tidak membutuhkan peralatan mahal. Anda juga bisa bergabung dalam komunitas lari sehingga dapat memperluas pergaulan.

Baca juga: Membandingkan Investasi Lewat Obligasi Negara dan Deposito Bank

Related

Tips 2839968586307143837

Recent

item