Kisah 5 Penulis Sukses yang Pernah Ditolak Berkali-kali

Kisah 5 Penulis Sukses yang Pernah Ditolak Berkali-kali

Naviri Magazine - Tantangan menjadi penulis bukan hanya ketika dalam proses menulis, tapi juga ketika berurusan dengan penerbit. Seorang penulis buku mungkin menghabiskan waktu sangat lama ketika dalam proses penulisan. Dari beberapa bulan sampai beberapa tahun. Di tengah pengerjaan naskah, kadang ada berbagai masalah yang timbul, semisal kehabisan ide, writer block, dan lain-lain.

Ketika naskah itu sudah selesai, dan dikirim ke penerbit untuk diterbitkan menjadi buku, selalu ada kemungkinan penerbit akan menolak. Penulis bisa saja patah hati dengan penolakan tersebut, mengingat sebelumnya telah bekerja keras dalam proses penulisannya.

Kalau kamu kebetulan juga sedang merintis karier sebagai penulis, ada baiknya mengetahui bahwa banyak penulis sukses yang juga pernah mengalami penolakan penerbit, bahkan berkali-kali. Lima berikut ini di antaranya.

Dewi “Dee” Lestari

Siapa yang tak kenal dengan seri Supernova, atau novel Perahu Kertas yang mengisahkan lika-liku cinta Keenan dan Kugy, yang sudah difilmkan? Di balik rangkaian kata yang menyihir pembaca dari novel-novel tersebut, ada tangan dingin Dewi “Dee” Lestari.

Dee Lestari memang lebih dulu dikenal sebagai penyanyi, tapi agaknya ia dilahirkan untuk menjadi seorang penulis. Meskipun begitu, karya-karyanya pernah ditolak penerbit, lho. Awalnya, karyanya hanya bisa dinikmati secara terbatas.

Namun, setelah Supernova menjadi salah satu novel terlaris, nama Dee pun berada di jajaran penulis top nasional. Ia juga menelurkan beberapa karya lain, seperti “Rectoverso” (2008) dan “Filosofi Kopi” (2003) yang tak kalah laris.

Asma Nadia

Penulis Tanah Air yang satu ini juga tak henti-hentinya menginspirasi pembacanya, baik lewat karya maupun kisah hidupnya. Asma Nadia merupakan penulis yang sangat produktif, sudah lebih dari 30 novel ia terbitkan. Beberapa di antaranya adalah ‘Surga yang Tak Dirindukan’ dan ‘Jilbab Traveler’. Tak cuma itu, ia juga memiliki penerbitan sendiri.

Namun, siapa sangka jika di masa kuliah ia menderita lima penyakit sekaligus. Awal kariernya sebagai penulis juga tak berjalan mulus. Karyanya kerap ditolak berbagai majalah. Tapi, ia pantang menyerah. Berbagai penghargaan sebagai penulis pun diraihnya.

Charles Dickens

Kisah hidup Charles Dickens tak jauh-jauh dari kisah dalam novel pertamanya, ‘Oliver Twist’. Novel ini memang terinspirasi dari pengalaman hidup Dickens. Kesulitan ekonomi membuat Charles sempat putus sekolah dan bekerja sebagai tukang semir sepatu. Meski miskin, Charles tak menyerah hingga ia berhasil menerbitkan novel pertamanya.

Setelahnya, ia berhasil menelurkan sejumlah novel klasik yang masih berpengaruh hingga sekarang, termasuk novel Great Expectations dan A Christmas Carol.

Stephen King

Stephen King merupakan salah satu novelis horor paling fenomenal. Ada lebih dari 50 judul best seller yang ia tulis. Sebagian di antaranya juga sudah diangkat ke layar lebar, seperti It dan Carrie.

Sebelum sesukses sekarang, ia pernah menjadi penulis serabutan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Ia sampai meminjam mesin ketik istrinya untuk bekerja. Nasibnya mulai berubah setelah novel pertamanya yang berjudul Carrie diterbitkan dan menjadi best seller. Meski begitu, novel ini pernah ditolak penerbit sampai 30 kali.

J.K. Rowling

Kisah hidup pengarang serial Harry Potter ini memang inspiratif. Bagaimana tidak, dari seorang tua tunggal (single parent) yang menghidupi anaknya dari dana sosial, ia kini menjelma menjadi sosok penulis wanita terkaya di dunia. Ini tak lain karena karyanya yang begitu diapresiasi penikmat fiksi di seluruh dunia.

Meski begitu, perjalanan Harry Potter menuju ke toko buku tidak berjalan mulus. Novel pertamanya sempat ditolak belasan penerbit, sampai akhirnya Bloomsbury bersedia menerbitkan karyanya. Penerbit-penerbit yang pernah menolak mungkin sekarang menyesali keputusannya.

Diterbitkannya novel Harry Potter menjadi titik balik bagi kehidupan J.K. Rowling. Novel serial ini sudah diterjemahkan ke-72 bahasa, dan mengantarkan Rowling menjadi wanita yang lebih kaya dibandingkan Ratu Elizabeth II.

Itulah beberapa kisah penulis sukses yang inspiratif. Kalau kamu ingin seperti mereka, jangan pernah menyerah, ya!

Baca juga: Daftar Novel Best Seller Karya Habiburrahman El Shirazy

Related

Figures 8815465121630802862

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item