Penyebab Airbag Mengembang Saat Mobil Menghantam Lubang

Penyebab Airbag Mengembang Saat Mobil Menghantam Lubang

Naviri Magazine - Airbag adalah salah satu peranti pengaman untuk mobil. Tujuannya untuk meminimalisir benturan yang terjadi saat mobil mengalami kecelakaan. Ketika mobil menabrak sesuatu, airbag akan mengembang, dan menahan kepala si pengemudi dari kemungkinan benturan.

Tempo hari, ada video di YouTube yang memperlihatkan bahwa ternyata airbag juga dapat mengembang, saat mobil menghantam lubang—bukan karena benturan tabrakan.

Akun Youtube Warped Perception mencoba membuktikan apakah dengan menghantam lubang, airbag dapat mengembang. Dan jawaban yang ditemukan adalah benar mengembang.

Mercedes Benz E-Class W211 yang dikendarai si pembawa acara sengaja menghantam lubang dengan kecepatan 62 km/jam, dan akibatnya airbag (curtain) mengembang, karena sensor airbag tersebut mendeteksi adanya benturan.

Menurut Product Knowledge Head PT Toyota-Astra Motor (TAM), Gandhi Ahimsaputra, hal tersebut karena hantaman lubang tepat mengenai sensor airbag curtain, sehingga terjadilah airbag tersebut mengembang.

“Kami pribadi belum pernah mengetesnya, namun yang pasti saat hantaman lubang atau benturan keras tepat mengenai sensor airbag, tentu airbag-nya akan mengembang,” ujar Ghandi.

Dia menambahkan, tidak semua airbag akan mengembang. Apabila hantaman mengenai sensor airbag untuk penumpang depan, maka hanya airbag depan saja yang akan mengembang.

Begitu juga seterusnya, hingga benturan keras dan mengenai seluruh sensor airbag, maka semua airbag akan mengembang.

“Kalau sensornya enggak terpisah, nanti semua airbag akan mengembang, jatuhnya nanti malah akan melukai (baik pengendara maupun penumpang),” tambah Ghandi.

Dengan kata lain, airbag yang mengembang bukan berfungsi untuk melindungi si pengemudi atau penumpang, tapi akan menyebabkan benturan keras mengenai kepala atau anggota badan lain secara mendadak dan dengan tekanan tinggi.

“Sensor airbag punya sensitivitas tersendiri. Dengan sentuhan tekanan tertentu, dia akan ngembang.”

Baca juga: Ini yang Terjadi Jika Kita Mencampurkan Minuman Soda ke Bensin

Related

Automotive 3193395103779409259

Recent

item