Peradaban Clovis, Cikal Bakal Lahirnya Suku-suku di Amerika

Peradaban Clovis, Cikal Bakal Lahirnya Suku-suku di Amerika

Naviri Magazine - Sangat sedikit yang diketahui tentang peradaban Clovis, sebuah masarakat Paleo-Indian prasejarah yang diduga sebagai penduduk pertama Amerika Utara.

Para arkeolog telah menentukan usia artefak yang ditemukan di sebuah situs arkeologi dekat Clovis, New Mexico, pada 11.500 RCYBP (radiocarbon years before present), sama dengan sekitar 13.500 tahun, tetapi tanggal kembali di luar 10.000 tahun dianggap tidak dapat diandalkan.

Artefak, tulang, dan pisau batu, yang dikenal sebagai poin Clovis, adalah di antara petunjuk yang kita miliki, bahwa kelompok (secara teknis bukan peradaban) pernah ada.

Dalam tiga puluh tahun terakhir, sisa-sisa aktivitas manusia yang lebih tua telah ditemukan, membuat status Clovis dipertanyakan. Tetapi, yang jelas, Clovis tampaknya menghilang secara tiba-tiba.

Beberapa ilmuwan berspekulasi bahwa Clovis berburu dengan berlebihan, menghabiskan pasokan makanan mereka sendiri, atau perubahan iklim, penyakit, dan predator, melanda mereka. Yang lain percaya bahwa Clovis tidak menghilang sama sekali, tetapi hanya tersebar ke awal suku-suku asli Amerika.

Baca juga: Nabatean, Peradaban Kuno yang Meninggalkan Warisan Menakjubkan 

Related

Insight 7423159062306482061

Recent

item