Kisah Pertama Kalinya Mata Uang Euro Digunakan di Eropa

Kisah Pertama Kalinya Mata Uang Euro Digunakan di Eropa

Naviri Magazine - Euro adalah mata uang yang digunakan di negara-negara Eropa, dan hal itu mulai diberlakukan sejak 1 Januari 1999. Karenanya, pada perayaan tahun baru tersebut, berbagai negara di Eropa tidak hanya merayakan pergantian tahun, tapi juga merayakan pergantian mata uang.

Atraksi kembang api warna-warni tak habis menghias malam Kota Frankfurt, Jerman. Bangunan-bangunan klasik dan taman kota malam itu dihias lampu kerlap-kerlip. Selain merayakan berakhirnya milenium kedua, mereka juga menanti penggunaan mata uang tunggal baru bagi negara kawasan Uni Eropa, euro.

Sebagai kota yang menjadi markas baru Bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB), warga kota Frankfurt merayakan tahun baru dengan lebih meriah. Penduduk bersuka cita menyaksikan “jam euro” yang menghitung detik sampai peluncuran mata uang euro berlaku.

Finlandia menjadi negara pertama yang mengadopsi mata uang baru itu, yakni pada pukul 22.00 GMT. Satu jam kemudian, 10 negara lain menyusul menjadikan euro menjadi mata uang tunggal kawasan Eropa. Portugal dan Irlandia menjadi negara terakhir yang bergabung tepat pada 00.00 GMT.

Saat itu, sekitar tiga ratusan juta masyarakat Eropa berbondong-bondong meninggalkan mata uang di negara masing-masing. Mata uang franc yang berlaku di Belgia, Perancis, dan Luxembourg, ditinggalkan. Begitu juga dengan skema Austria, marka Finlandia, mark Jerman, lira Italia, punt Irlandia, guilder Belanda, Portugal escudo, dan peseta Spanyol.

Warga di 11 negara dari 27 negara kawasan Uni Eropa menggenggam euro sebagai mata uang baru mereka. Selama dua tahun pertama keberadaannya, sejak 1 Januari 1999, euro hanyalah mata uang elektronik atau unit moneter non-tunai, atau giral yang digunakan oleh perbankan.

Uang jenis kartal atau secara fisik yang terdiri dari pecahan uang kertas dan koin atau logam untuk euro, baru muncul di 11 negara tersebut pada 1 Januari 2002. Masa transisi pergantian mata uang berlangsung sampai dengan 28 Februari 2002. Selanjutnya, euro (diwakili oleh simbol €) menjadi mata uang tunggal sah dari 12 negara anggota UE.

Baca juga: Inilah 10 Orang Terkaya yang Melebihi Kekayaan Bill Gates

Related

World's Fact 7854911993100874375
item