Raja Mali, Pria Muslim Paling Kaya yang Pernah Ada di Bumi

Raja Mali, Pria Muslim Paling Kaya yang Pernah Ada di Bumi

Naviri Magazine - Mansa Musa merupakan Raja Mali, Afrika, yang sering disebut sebagai orang terkaya di dunia sepanjang sejarah. Menurut pakar sejarah dari Ferrum College, Richard Smith, kerajaan yang dipimpin Musa di Afrika Barat saat itu adalah produsen emas terbesar di dunia.

Banyaknya emas Musa, hingga tak ada cara untuk menggambarkan secara akurat berapa banyak kekayaan Mansa Musa. Catatan terkait Mansa Musa juga sangat langka, jika tak mau dikatakan tidak tersedia.

Sumber kontemporer bahkan menggambarkan kekayaan Mansa Musa dalam istilah yang tak mungkin dicapai pada masa itu.

Beberapa cerita menyebut, ketika Mansa Musa menjalankan ibadah haji ke Makkah, dia singgah di Mesir, dan menghamburkan uang begitu banyak hingga mengakibatkan krisis mata uang di Mesir. Dia juga disebut membawa puluhan ekor unta yang masing-masing membawa ratusan kilogram emas.

Kabar yang beredar, produksi emas di Mali mencapai satu ton dalam setahun. Selain itu, angkatan perang Mali terdiri atas 200.000 orang, termasuk 40.000 pemanah, jumlah yang pada masa modern pun sangat sulit untuk mengendalikannya.

Baca juga: Ghana, Kerajaan Kuno Afrika Paling Kaya di Dunia

Related

History 6261376891091529112

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item